Keren! Sampah Harian di Kota Bandung Berkurang hingga 31 Persen

- 23 November 2023, 09:15 WIB
Ilustrasi penyapu jalan. Berkat Kolaborasi, Sampah Harian di Kota Bandung Berkurang hingga 31 Persen!
Ilustrasi penyapu jalan. Berkat Kolaborasi, Sampah Harian di Kota Bandung Berkurang hingga 31 Persen! /bandung.go.id/

GALAMEDIANEWS - Berkat kerja sama dari mulai masyarakat, pengusaha, akademisi, tenaga kesehatan, hingga pemerintah, sampah harian Kota Bandung yang dibuang ke TPA berkurang hingga 31,7 persen. Dari yang semula 1.300 ton per hari, kini berkurang 400 ton lebih tiap harinya.

Progres tersebut disampaikan Ketua Harian Satgas Penanganan Darurat Sampah Kota Bandung, Ema Sumarna, Rabu 22 November 2023.

"Kondisi saat ini dari 135 TPS, sisa 5 TPS lagi yang masih overload. Sekarang PR-nya kita jaga TPS itu hanya boleh menerima sampah residu saja," ujar Ema.

Baca Juga: HAMAS dan Israel Gencatan Senjata, Bantuan Masuk Gaza dan Pembebasan Sandera

Bukan perkara mudah bisa menyamakan frekuensi dari tiap klaster. Ema menyebutkan, perlu adanya pendekatan khusus hingga ke masyarakat.

Beberapa wilayah menjadi contoh pengolahan sampah yang baik, di antaranya RW 19 Antapani Tengah, RW 07 Sarijadi, RW 01 Sukamiskin, RW 12 Sukamiskin, dan RW 13 Karang Pamulang.

"Seiring berjalannya waktu, kita terus masifkan perubahan cara mengolah sampah dari hulu. Kita bergerak sesuai kluster karena ini tidak bisa selesai oleh pemerintah saja. Terutama harus ada bantuan gerakan masif dari masyarakat," akunya.

Untuk semakin mempercepat penanganan sampah, Pemkot Bandung akan memberikan fasilitas ember dan karung untuk mengolah sampah dengan sistem Kang Empos. Rencana, maggotisasi akan dilakukan per keluarahan agar tersentralisasi.

"Ada 600 orang yang sudah dilatih untuk menjadi penyuluh pengolahan sampah. Mereka yang akan mengolah maggot per keluarahan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang sistem pengolahan sampah," jelasnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x