PIONIR! Pemkab Bandung Launching Portal Geospasial INA Palapa 4.0 yang Pertama di Jawa Barat

- 23 November 2023, 22:20 WIB
Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha saat launching  Portal Geospasial INA Palapa 4.0 pertama di Jawa Barat dan juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kecamatan di Kabupaten Bandung pada Kamis 23 November 2023./ Diskominfo
Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha saat launching Portal Geospasial INA Palapa 4.0 pertama di Jawa Barat dan juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kecamatan di Kabupaten Bandung pada Kamis 23 November 2023./ Diskominfo /

GALAMEDIANEWS – Pemkab bandung menjadi kabupaten pionir yang me- launching Portal Geospasial INA Palapa 4.0 pertama di Jawa Barat dan juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kecamatan di Kabupaten Bandung pada Kamis 23 November 2023.

 

Menurut Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha, launching Geoportal yang merupakan kerjasama Pemkab Bandung dengan Badan Informasi Geospasial ini merupakan yang pertama dilakukan pemerintah daerah di Jawa Barat.

“Nantinya, data IPM Kecamatan dan Geoportal Palapa Versi 4.0 ini akan menjadi alat ukur untuk menilai capaian pembangunan di masing-masing kecamatan sekaligus sebagai acuan untuk menyusun arah kebijakan dan strategi pembangunan pemerintah daerah,” ujar Yosep saat launching IPM Kecamatan dan Portal Geospasial INA Palapa 4.0 dan penandatanganan PKS Integrasi Aplikasi di Kabupaten Bandung di Sutan Raja Hotel, Kamis 23 November 2023.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penyusunan IPM Kecamatan di Kabupaten Bandung ini, Diskominfo akan bekerja sama dengan Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sementara Pembuatan Portal Geospasial INA Palapa 4.0 bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Untuk penginputan data geospasial merupakan sinergitas dan kolaborasi dengan perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bandung. S

ebelum launching dilakukan,  Diskominfo bersama BIG telah melaksanakan pelatihan geospasial terhadap para pengelola data perangkat daerah. Ke depan, data terintegrasi ini dapat dibaca lengkap dengan pemetaannya secara akurat.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Cakra Amiyana mengatakan, penyusunan IPM Kecamatan dipandang sebagai hal yang sangat mendesak sebagai sumber informasi pembangunan daerah dan sangat penting dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan yang lebih baik.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x