Jadi Kabupaten Pengendali Inflasi Daerah Terbaik Nasional, Pemkab Bandung Diguyur Insentif Fiskal Rp 9,2 M

- 6 November 2023, 23:13 WIB
Pemkab Bandung sabet predikat Kabupaten Pengendali Inflasi Daerah Terbaik Nasional, dan langung diguyur insentif fiskal dari pemerintah pusat sebesar Rp 9,2 M./ Diskominfo
Pemkab Bandung sabet predikat Kabupaten Pengendali Inflasi Daerah Terbaik Nasional, dan langung diguyur insentif fiskal dari pemerintah pusat sebesar Rp 9,2 M./ Diskominfo /

GALAMEDIANEWS – Pemkab Bandung kembali mencetak prestasi dengan menjadi kabupaten pengendali inflasi daerah terbaik nasional. Tak tanggung-tanggung, atas dedikasinya tersebut pemerintahan yang dipimpin Bupati Dadang Supriatna tersebut langsung diguyur insentif fiskal dari pemerintah pusat sebesar Rp 9,2 M (miliar), tepatnya Rp 9.270.469.000,-.

Tentu menjadi kebanggaan ketika angka inflasi di Kabupaten Bandung menjadi yang terrendah di seluruh Indonesia. Pemberian penghargaan sekaligus insentif fiskal sebagai bonus kinerja tahun berjalan tersebut dilakukan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani kepada Bupati Dadang Supriatna yang diwakili Sekda Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta, Senin 6 November 2023.

Untuk menjadi kabupaten pengendali inflasi daerah terbaik  tingkat nasional itu tentu dibutuhkan strategi jitu dari Bupati Bandung Dadang Supriatna yang senantiasa melakukan langkah-langkah konkret untuk mengendalikan inflasi daerah. Buktinya, saat ini inflasi di Kabupaten Bandung hanya di angka 2,27 persen.

Baca Juga: Pemkab Bandung Raih Bhumandala Award 2023, Penghargaan ke-213 dalam 2,5 Tahun Kepemimpinan Bupati DS

“Alhamdulillah hari ini kami memperoleh penghargaan nasional sebagai kabupaten pengendali inflasi daerah terbaik tingkat nasional dari pemerintah pusat. Kami juga memperoleh insentif fiskal atau bonus kinerja ini,”ujar Bupati Dadang Supriatna atau yang akrab disapa Kang DS dalam keterangannya, Senin 6 November 2023.

Ia mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih atas kerjasama seluruh jajaran Organisasi Perangkata Daerah (OPD) Pemkab Bandung, pemerintah kecamatan dan desa serta seluruh masyarakat Kabupaten Bandung dan seluruh stake holder terkait.

Kebijakan Konkret Bupati Dadang Supriatna untuk Mengendalikan Inflasi

Beberapa kebijakan konkret yang dijalankan Kang DS untuk menekan laju inflasi antara lain; pemberian dana bantuan langsung tunai (BLT), pemberian bantuan cadangan pangan daerah, hingga pelaksanaan sidak dan operasi pasar murah dinilai berhasil mengendalikan inflasi di Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna berhasil menciptakan program konkret untuk mengendalikan inflasi di daerahnya./ Diskominfo
Bupati Bandung Dadang Supriatna berhasil menciptakan program konkret untuk mengendalikan inflasi di daerahnya./ Diskominfo

Selain itu, program Kang DS berupa pemberian modal bergulir tanpa bunga dan tanpa agunan, pemberian insentif guru ngaji, insentif RT/RW, pelaksanaan program kartu tani hingga pemberian diskon pembayaran air PDAM juga berkontribusi terhadap upaya pengendalian inflasi.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x