Ridwan Kamil: IKN Dibangun untuk Semua Orang Tak Hanya ASN

- 5 Desember 2023, 09:05 WIB
Ridwan Kamil./ist
Ridwan Kamil./ist /

GALAMEDIANEWS - Isu perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur menjadi salah satu materi yang mengemuka di masa kampanye Pilpres 2024. Kritik terkait IKN bahkan disampaikan oleh Capres Anies Baswedan.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil menuturkan rencana perpindahan Ibu Kota merupakan ide dari Presiden Soekarno yang kemudian diimplementasikan oleh Presiden Jokowi.

0Baca Juga: Pemain Manchester United Tak Suka Gaya Melatih Erik ten Hag

Baca Juga: Bhayangkara FC Resmi Perkenalkan Radja Nainggolan, Debut Pekan Ini?

“IKN itu bukan ide Pak Jokowi, IKN itu ide Bung Karno. Bung Karno tahu Jakarta itu tidak didesain jadi Ibu Kota maka dulu Bung Karno mencetuskannya di Palangkalaraya. Diimplementasikan Pak Jokowi, dengan pertimbangan akhirnya di Penajam Paser Utara (Kalimantan Timur),” katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 5 November 2023.

Menurutnya tudingan bahwa IKN merupakan keinginan dari Jokowi adalah hal yang keliru, karena ide ini sudah bergulir sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945.

Kang Emil—sapaan akrab Ridwan Kamil, juga menjawab keraguan bahwa IKN tidak akan bertumbuh sebagai kota, mengingat perpindahan Ibu Kota di negara lain juga memerluikan waktu untuk akhirnya berkembang.

Baca Juga: Prediksi Skor Liga Inggris Wolves vs Burnley Rabu, 6 Desember 2023: Susunan pemain dan Head to Head Kedua Tim

Baca Juga: Ide Jualan Makanan: Resep Toge Goreng Otentik dan No Ribet, Resep ala Martin Praja

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x