11 Ruas Jalan Tol Siap Dioperasikan Selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

- 5 Desember 2023, 13:44 WIB
Ilustrasi jalan Tol. Inilah 11 ruas jalan tol yang siap dioperasikan selama liburan Natal 2023 dan tahun Baru 2024
Ilustrasi jalan Tol. Inilah 11 ruas jalan tol yang siap dioperasikan selama liburan Natal 2023 dan tahun Baru 2024 /Pixabay/Marcin/

GALAMEDIANEWS - Berikut ini 11 ruas tol siap dioperasikan untuk mendukung libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Ruas tol baru tersebut di antaranya akan beroperasi secara fungsional.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur mengatakan, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara akan dioperasikan secara fungsional sepanjang 8,5 km.

"Dan pengoperasion ruas baru dan tambahan akses yaitu ruas Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara akan kami fungsionalkan secara situasional yaitu 8,5 km," katanya di Komisi VI DPR Jakarta, Senin 4 Desember 2023 kemarin.

Kemudian, Tol Yogyakarta-Solo segmen Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km. Panjang tol yang dioperasikan secara fungsional ini lebih panjang dibanding saat Lebaran.

"Di mana lebaran tahun kemarin hanya 6 km sekarang kita bisa fungsionalkan sepanjang 13 km dan langsung mengakses jalan nasional," katanya.

Dari materi yang ia paparkan, pihaknya akan mengoperasikan akses KM 149 A (Gedebage) Padaleunyi dan KM 99 A/B (Darangdan) Cipularang.

Selain itu, ia menyebut beberapa ruas tol terintegrasi dengan tol Jasa Marga. Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi terintegrasi dengan fungsional ruas Tol Tebing-Tinggi-Kuala Tanjung (Indrapura), Tebing Tinggi-Kisaran dan Tebing Tinggi-Parapat (Sinaksak). Kemudian, Belmera terintegrasi dengan Medan Binjai sampai dengan fungsional Stabat-Tanjung Pura.

Baca Juga: Libur Tahun Baru 2024 Kapan Saja? Berikut Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama Sesuai SKB Tiga Menteri

Lebih lanjut,Subakti Syukur mengatakan, pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 ini ada dua periode pergerakan. Dia mengatakan, untuk puncak arus mudik Natal akan berlangsung pada 22 Desember atau H-3. Sementara, puncak balik Natal pada 26 Desember atau H+1 Natal.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x