Pemkot Bandung Jalin Kerjasama dengan Aceh, Cianjur dan Indramayu, Ema Sumarna: Maju Bersama, Berhasil Bersama

- 11 Desember 2023, 13:40 WIB
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna.
Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna. /Diskominfo Kota Bandung./

GALAMEDIA NEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjalin kerja sama antardaerah dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, dan Pemkab Indramayu dalam aspek pelayanan publik sampai pengendalian inflasi.

Kerja sama itu tertuang dalam Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemkot Bandung dengan ketiga daerah tersebut di Pendopo Kota Bandung, Senin, 11 Desember 2023.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebutkan setiap daerah memiliki potensi dan keunggulan daerah masing-masing sehingga melalui konsep kolaborasi potensi dan keunggulan itu dapat menjadi media untuk saling bertukar informasi, pengetahuan dan pengalaman.

Di Kota Bandung, lanjut dia, terdapat lebih dari 300 aplikasi untuk menghadirkan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat.

Dengan adanya kolaborasi dan kerja sama tersebut, Menurutnya, akan mewujudkan efisensi dan efektivitas dalam menghadirkan pelayanan publik terbaik.

"Inovasi yang kita kembangkan dalam pelayanan publik memang kalau dari pendekatan kuantitatif kita ini sudah sekitar di atas 300 aplikasi. Contohnya, pelayanan publik dalam Adminduk saat ini ada 18 aplikasi. Kita bisa hemat dan efisien tinggal di replikasi saja. Efisiensi anggaran akan menjadi nilai manfaat," kata Ema.

Baca Juga: Pemkot Bandung Raih Penghargaan Smart Government & Smart Society

Terkait dengan pengendalian inflasi, Ema mengatakan, saat ini 90 persen kebutuhan pokok masyarakat kota Bandung masih tergantung pada daerah lain.

Untuk itu, lanjut dia, menjadi hal yang penting untuk menjalin kerjasama dengan daerah lain terutama dengan daerah penghasil bahan pokok seperti Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Indramayu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Diskominfo Kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x