Tiga Kali Lebih Berat dari Bumi, Ilmuwan Sebut Makin Banyak Planet yang Terbuat dari Berlian

- 16 September 2020, 11:49 WIB
DailyMail /

GALAMEDIA - Para ilmuwan dari Arizona State University menyebut saat ini  semakin banyak bukti yang menunjukkan ada lebih dari satu eksoplanet atau planet di luar tata surya yang ternyata terbuat dari berlian.

Salah satunya Janssen, planet ekstrasurya yang terdiri dari berlian dan grafit. Kandungan karbon yang tinggi dan panas serta tekanan yang ekstrem menjadi faktor utama.

Bintang seperti Matahari dengan rasio karbon lebih rendah dari oksigen, biasanya mengorbit bersama  planet yang terdiri dari air dan granit dengan kandungan intan sangat rendah.

Tapi planet yang mengitari bintang dengan rasio karbon lebih tinggi cenderung kaya karbon dan dalam kondisi yang tepat, karbon dapat menjadi intan.

Untuk menguji teori ini, peneliti memasukkan sampel silikon karbida yang direndam dalam air pada tekanan dan panas yang intens menggunakan laser dan pengukuran sinar-X.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Rabu (16 September 2020) hasil penelitian terakhir menunjukkan silikon karbida dapat diubah menjadi intan dan silika.

“Eksoplanet ini tidak seperti objek apa pun di tata surya kita,” ujar   Harrison Allen-Sutter dari Sekolah Eksplorasi Bumi dan Luar Angkasa Universitas Negeri Arizona.

? Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X