Proyek Digital Tagih Janji dan AI Hoax Buster Raih Juara Kompetisi Inovasi Digital Pemilu

- 17 Desember 2023, 11:15 WIB
Pengumuman pemenang Election Hackaton 2023
Pengumuman pemenang Election Hackaton 2023 /Dok. Nakara/

GALAMEDIANEWS - Proyek digital Tagih Janji dari tim ZonaUtara.com, Sulawesi Utara dan inovasi AI Hoax Buster dari tim Universitas Islam Raden Rahmat, Malang, berhasil menjadi  juara pertama kompetisi Election Hackathon 2023 yang diselenggarakan oleh Nakara Foundation bekerjasama dengan UNESCO dan The European Union.

Pengumuman pemenang sudah dilaksanakan pada Jumat, 15 desember 2023 lalu di Bandung dan merupakan puncak acara final Election Hackathon 2023 yang diikuti oleh 10 tim terpilih dari kategori mahasiswa dan media.

Dalam kesempatan itu,   Programme Specialist, Communications & Informations UNESCO For Jakarta Office,  Ana Lomtadze menyampaikan bahwa kompetisi ini merupakan bagian dari proyek Social Media 4 Peace UNESCO, yang didanai oleh Uni Eropa. 

Proyek ini juga bertujuan untuk mengatasi penyebaran konten berbahaya secara online, sekaligus melindungi kebebasan berpendapat dan mendorong pembangunan perdamaian secara online.

"Akar penyebab, skala, dan dampak disinformasi online dan ujaran kebencian sangatlah kompleks dan menakutkan, namun dampaknya sangat nyata," ujar Ana.

Meskipun masing-masing konten tampaknya tidak berpengaruh atau tidak melanggar aturan platform, peredaran besar-besaran ujaran kebencian dan disinformasi, yang sering kali saling terkait, telah terbukti memperburuk kekerasan di dunia nyata dan  perpecahan dalam masyarakat.

Mengutip survei yang dilakukan UNESCO di 16 negara, termasuk Indonesia: 85% warga negara khawatir terhadap dampak disinformasi online;  87% masyarakat percaya bahwa disinformasi ini telah berdampak besar pada kehidupan politik di negara mereka.

“Kami paham bahwa tidak ada solusi cepat atau solusi yang bisa diterapkan untuk semua hal dan kami membutuhkan semua orang untuk mengatasi masalah ini. Dalam kerangka proyek Social Media 4 Peace, UNESCO di satu sisi bekerja sama dengan pemerintah, masyarakat sipil, dan platform media sosial untuk mengatasi kesenjangan dalam peraturan dan untuk mempromosikan praktik moderasi konten yang lebih baik, yang berakar pada konteks dan dialog lokal," sambung Ana.

 Baca Juga: Pengiriman Surat Suara Pemilu ke Gudang di Katapang Kabupaten Bandung Mendapat Pengawalan Ketat

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x