Ide Bisnis Kreatif: Desain Bordir Kreatif Nama Anak

- 29 Desember 2023, 09:46 WIB
Topi dengan Desain Bordir./unsplash @Lautaro Andrean
Topi dengan Desain Bordir./unsplash @Lautaro Andrean /

GALAMEDIANEWS – Ada banyak sekali jenis usaha kreatif. Salah satunya yaitu desain bordir. Toni adalah seorang yang menjalani usaha tersebut.

Ia membuat aneka desain kreatif bordir nama anak. Mulai menjalani usaha tersebut sejak empat bulan lalu. Toni menyebut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjalani usaha tersebut.

Baca Juga: 7 Rumah Makan Khas Sunda Murah dan Enak di Lembang Bandung, Pas Buat Wisata Liburan Sekolah dan Tahun Baru

Baca Juga: Trik Jualan Keliling Datangkan Cuan Melimpah, Putar Lagu Jingle Salah Satunya

“Skill yang harus dipersiapkan yaitu teknik membordirnya. Ini harus rutin latihan, kira-kira setengah bulan bisa. Kalau untuk desain grafisnya, kebetulan saya punya teman yang jago bikin desain grafis. Jadi saya kerja sama,” tutur pria berusia 38 tahun ini.

Agar biaya produksi menjadi lebih dan lebih cepat murah, pria yang tinggal di wilayah Ujung Berung Bandung timur ini membeli aneka produk fashion seperti kaos dan topi bucket hat dalam jumlah besar.

"Kalau buat sendiri topi bucket hat, kaos, atau yang lainnya itu biaya produksinya jadi lebih tinggi. Jadi saya beli dalam jumlah banyak. Kalau bucket hat, desain bordirnya dibuat dulu baru jahit. Kalau pakaian, bordir langsung di kainnya," ujarnya.

Baca Juga: Resep Barbeque Brisket ala Devina Hermawan Makanan Rumahan Citarasa Restoran di Malam Tahun Baru

Ide awal usaha tersebut bermula dari ia yang sering melihat orang tua yang membeli pakaian untuk anaknya di toko pakaian. Menurutnya, orang terkadang tak puas dengan pakaian yang dibeli untuk anaknya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x