Pemkot Cimahi Kembangkan Ekonomi Kreatif dengan Cara Gelar 'Cimahi Culinary Festival'

- 8 Desember 2023, 20:26 WIB
Kegiatan 'Cimahi Culinary Festival' di Selasar Gedung B Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jumat 8 Desember 2023.
Kegiatan 'Cimahi Culinary Festival' di Selasar Gedung B Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jumat 8 Desember 2023. /Dok Pemkot Cimahi/

 

GALAMEDIANEWS - Sebagai salah satu cara untuk mengembangkan ekonomi kreatif, Pemkot Cimahi menggelar acara 'Cimahi Culinary Festival' di Selasar Gedung B Kantor Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jumat 8 Desember 2023.

Acara yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Cimahi digelar hingga malam hari. Puluhan Industri Kecil Menengah (IKM) di bidang kuliner Cimahi hadir untuk memeriahkan kegiatan Culinary Festival 2023

Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Achmad Nuryana menuturkan, Cimahi Culinary Festival diselenggarakan sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan kuliner Cimahi serta mengajak seluruh masyarakat untuk mengenali, merayakan, serta melestarikan kelezatan kuliner khas Cimahi.

Baca Juga: Amazing! 4 Tempat Wisata Alam di Malang dengan View Bagus Ini Cocok Dikunjungi Saat Libur Tahun Baru 2024

“Kegiatan ini merupakan salah satu program pengembangan ekonomi kreatif di Kota Cimahi juga sebagai stimulant, khususnya bagi pelaku ekonomi kreatif kuliner dan seni pertunjukan sesuai dengan keunggulan potensi yang dimiliki Kota Cimahi,” ungkapnya.

Peran Ekonomi Kreatif

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menjelaskan, pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki peran utama dalam perekonomian dan kepentingan sosial.

Pentingnya pariwisata dan ekonomi kreatif membuat banyak wilayah menggalakan sektor ini untuk menggerakkan industri-industri kecil sebagaimana dampak multiflyer effect dari pariwisata itu sendiri.

Menurutnya, kuliner lokal merupakan komponen fundamental dari atribut sebuah destinasi, menambah berbagai atraksi dan keseluruhan pengalaman wisata bahwa kuliner lokal merupakan cara terbaik untuk melihat warisan budaya tak benda dalam sebuah destinasi.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Tindak Tegas Penyelundup Rohingya

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x