Kelebihan dan Kekurangan Inkscape, Software yang Fungsinya Seperti CorelDraw

- 4 Januari 2024, 12:09 WIB
 Logo Inkscape. Bagaimana performa software desain grafis ini?
Logo Inkscape. Bagaimana performa software desain grafis ini? /YouTube @MichaelBrig/

GALAMEDIANEWS - Coreldraw menjadi software untuk membuat desain grafik berbasis vektor. Karena berbasis vektor, desain ini tak pecah bila diperbesar. Selain digunakan oleh para desain grafis profesional, digunakan juga oleh banyak kalangan lainnya.

Selain Coreldraw, sebenarnya ada beberapa software sejenis lainnya. Salah satunya yaitu Inkscape. Tak seperti Coreldraw yang berbayar, Inkscape bisa kita dapatkan secara gratis. Kita bisa mengunduhnya dari sumber resminya.

Lalu, bagaimana performa software grafis yang pertama kali dirilis pada November 2003 tersebut? Kang Don, seorang kreator konten yang juga mendalami desain grafis, memaparkan kelebihan dan kekurangan software gratis tersebut. Menurutnya, hasil akhirnya memang kurang memuaskan. Namun, Inkscape bisa digunakan untuk membuat desain grafis yang sederhana.

"Hasil akhirnya nggak sebagus Coreldraw. Ya namanya juga Inkscape kan gratis. Warnanya juga kurang tajam. Tapi, kalau untuk olah-olah bentuk yang sederhana, ini bagus hasilnya. Buat kebutuhan desain yang arahnya condong ke arah minimalis, hasilnya sangat memuaskan," tuturnya.

Kang Don menuturkan beberapa contoh desain grafik sederhana yang pernah dibuatnya. "Saya pernah bikin gambar panah, kotak-kotak, lingkaran buat presentasi. Gambar-gambar itu dihias supaya eye catching. Pernah buat logo perusahaan yang simpel. Pernah juga buat poster, brosur, undangan yang desainnya minimalis," tuturnya.

Baca Juga: Kelebihan Software Desain Grafis Lawas: Hemat, Cepat, dan Efektif

Bila menginginkan hasil yang memukau mata, Kang Don menyebut agar menggunakan Coreldraw atau Adobe Illustrator. "Kalau kebutuhannya hasil yang bagus, ya pakainya Coreldraw atau Illustrator. Diolah lagi pakai filter-filter Photoshop biar lebih bagus lagi," tuturnya.

Terkait cara mengolah bentuk pada Inkscape, pria yang terjun menjadi kreator konten pada tahun 2014 ini menyebut prosesnya tak sulit. "Kalau di Coreldraw, ada fitur welding. Di Inkscape ada difference, ada union. Sama ini fungsinya. Sama dasarnya, cara olah bentuknya sama seperti di Coreldraw," tuturnya.

Kang Don pun menuturkan bahwa Inkscape nggak membutuhkan requirement hardware yang berat. "Nggak butuh requirement yang berat seperti Coreldraw atau Illustrator. Pakai spek sedang, proses copy paste-nya, modif objek, pindah-pindah objek, juga lebih cepat. Nggak perlu sampai upgrade hardware atau beli laptop yang tinggi speknya," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Wawancara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x