Minta Diusulkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO, Bupati Bandung: Seni Badawang Harus Dilestarikan

- 5 Januari 2024, 08:01 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna minta Seni Badawang khas Kabupaten Bandung terus dilestarikan, diusulkan jadi Warisan  Budaya Tak Benda ke UNESCO./ Diskominfo
Bupati Bandung Dadang Supriatna minta Seni Badawang khas Kabupaten Bandung terus dilestarikan, diusulkan jadi Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO./ Diskominfo /

GALAMEDIANEWS – Seni Badawang merupakan kebudayan khas Kabupaten Bandung yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda secara nasional dan diharapkan ditingkatkan statusnya menjadi Warisan Budaya Tak Benda yang diakui dunia melalui penetapan dari UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Bupati Bandung Dadang Supriatna juga sangat mengapresiasi secara positif Seni Badawang bisa menjadi Warisan Budaya Tak benda secara nasional dan menegaskan bahwa kesenian ini harus terus dilestarikan dan bisa diusulkan ke UNESCO.

Menurut Bupati Bandung Dadang Supriatna, Seni Badawang ini merupakan salah satu kekayaan budaya Kabupaten Bandung yang saat ini bisa diakui secara nasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda, dan diharapkan bisa diakui juga oleh UNESCO.

Oleh karena itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS ini berharap para pegiat seni dan budaya di Kabupaten Bandung bisa terus memperkenalkan Seni Badawang ini ke masyarakat khususnya juga ke generasi millenial agar terus lestari.

"Badawang merupakan pertunjukkan khas Kabupaten Bandung yang kini telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) nasional. Badawang yang merupakan seni budaya masyarakat ini biasanya dimainkan dalam acara-acara pesta kesenian rakyat seperti mapag menak, arak-arakan, memeriahkan khitanan dan lain sebagainya. Selain itu ditampilkan pada kegiatan masyarakat,” ujar Kang DS saat silaturahmi pengambilan foto untuk penerbitan majalah Anugerah PWI di Jakarta, 4 Januari 2023.

Baca Juga: Komunitas Cinta Budaya Nusantara Besutan Melok Besari: Merawat Kebhinekaan Seni, Budaya dan Etika

Bupati Dadang Supriatna didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengatakan, Kabupaten Bandung memiliki potensi dan warisan budaya yang sangat beragam, mulai dari peninggalan situs-situs bersejarah sampai seni pertunjukkan, salah satunya adalah Kesenian Badawang.

Seni Badawang ini menjadi ciri khas kesenian Kabupaten Bandung, selain ada pula kesenian Reog, Singa Depok dan yang lainnya.

Menurut Kang DS, Seni Badawang merupakan inovasi budaya lokal unggulan dan identitas daerah Kabupaten Bandung, karena ditampilkan dengan menggunakan boneka besar berwujud tokoh Panakawan Sunda, yaitu Semar, Cepot, Dawala dan Gareng.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x