Dampak Luapan Sungai Cikapundung, 150 Jiwa Memilih Mengungsi

- 12 Januari 2024, 16:28 WIB
Warga terdampak banjir di permukiman padat Braga, Bandung,  akibat luapan sungai Cikapundung./ANTARA FOTO/Novrian Arbi/tom.
Warga terdampak banjir di permukiman padat Braga, Bandung, akibat luapan sungai Cikapundung./ANTARA FOTO/Novrian Arbi/tom. /NOVRIAN ARBI/ANTARA FOTO

 

GALAMEDIANEWS - Akibat bencana banjir yang melanda Kota Bandung, Kamis 11 Januari 2024, Sekitar 150 jiwa memilih mengungsi ketempat yang lebih aman. Dalam peristiwa tersebut, 600 rumah terkena dampak dari luapan sungai Cikapundung.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 12 Januari 2023, banjir yang melanda Bandung membuat 600 jiwa dan 600 rumah terkena dampaknya. Banjir tersebut dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang mengakibatkan Sungai CIkapundung meluap ke permukiman warga.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, lokasi terdampak yakni Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung. "Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat dan unsur lainnya sejak semalam telah berada di lokasi untuk melakukan penanganan kedaruratan, kaji cepat, dan memberikan pelayanan di posko pengungsian," katanya.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Rajab Arab, Latin dan Terjemahannya, Lengkap dengan Amalan Sunnah yang Dianjurkan

Tidak itu saja, seperti dilansir Antara, BPBD juga memberikan 1.000 karung untuk dijadikan tanggul sementara dan memberikan 200 selimut untuk warga terdampak.

Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di Kota Bandung dan sebagian wilayah Jawa Barat pada Jumat 12 Januari 2024.

BNPB mengimbau pemerintah daerah maupun masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah rawan bencana banjir seperti di sekitar daerah aliran sungai, agar melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi musim hujan.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x