Viral Gunung Tangkubanparahu Mengalami Erupsi, PVMBG Langsung Turun Tangan

- 13 Januari 2024, 19:01 WIB
Gunung Tangkuban Parahu.
Gunung Tangkuban Parahu. /Pixabay/senjakelabu29/

GALAMEDIANEWS - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menanggapi video viral di media sosial terkait erupsi gunung Tangkubanparahu. Pasalnya, informasi tersebut bisa meresahkan masyarakat.

Kepala PVMBG Hendra Gunawan menyatakan video yang beredar itu bukan merupakan gambar yang menunjukkan aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparahusaat ini.

"Video yang beredar itu merupakan video erupsi yang terjadi pada 26 Juli 2019 pukul 15:48 WIB," ujar Hendra Gunawan dalam keterangan yang dikutip, Sabtu, 13 Januari 2024.

Beredarnya video tersebut menimbulkan kepanikan masyarakat yang berada di sekitar Gunung Tangkuban Parahu atau masyarakat yang hendak berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu, serta objek wisata yang dekat dengan gunung api tersebut.

Baca Juga: Video Viral Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Ternyata Hoaks, Ini Penjelasan PVMBG

Sehubungan hal itu, PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tenang, beraktivitas seperti biasa dan tidak terpancing dengan berbagai isu tentang erupsi Gunung Tangkuban Perahu.

Perkembangan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu bisa dilihat melalui aplikasi Magma Indonesia melalui laman https://magma.esdm.go.id atau diunduh pada Google Playstore.

Baca Juga: PVMBG Ungkap Penyebab Longsor Subang, Ternyata Gara-Gara Ini

Gunung Tangkubanparahu merupakan gunung api aktif yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x