Warga Jabar Tetap Waspada, BMKG Peringatkan: Jawa Barat Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

- 15 Januari 2024, 10:00 WIB
BMKG prediksi hujan lebat di Jawa Barat hari ini
BMKG prediksi hujan lebat di Jawa Barat hari ini /Pixabay/Alicja/
 
GALAMEDIANEWS- Musim hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan bencana banjir dan longsor di beberapa daerah di Jawa Barat.
 
Untuk itu, warga Jabar diminta untuk tetap waspada menghadapi musim hujan dengan segala akibatnya termasuk banjir dan longsor.
 
Hari ini di prediksi Jawa Barat akan diguyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang. Hal ini disampaikan oleh BMKG pada Senin (15/1/2024)
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian provinsi di Indonesia termasuk Jawa Barat berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Senin.
 
 

Seperti yang dikutip dalam laman resmi BMKG , diprediksi wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang yakni di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Lampung.

Selain itu juga Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

"Masyarakat dihimbau untuk waspada dan bersiaga menghadapi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawat.

Seperti kita ketahui sebelumnya, akibat cuaca ekstrim dengan curah hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung dan wilayah Braga, Kota Bandung.

Baca Juga: Banjir Hebat Landa Dayeuhkolot dan Baleendah, Akses ke Bandung Via Bojongsoang Sulit Dilalui

Baca Juga: SALUT! Pengendara Motor Saling Bantu Lewati Banjir di Jalan Lebaksari KBB

Selain itu, bencana longsor terjadi di Garut dan Subang yang menimbulkan kerugian material.***

 

 

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x