Bukan Hanya BPNT Saja, Berikut Daftar Sejumlah Bansos yang Cair Pada 2024

- 17 Januari 2024, 07:10 WIB
 Ilustrasi daftar dana bansos cair Januari 2024
Ilustrasi daftar dana bansos cair Januari 2024 /Instagram @bank_indonesia / Kolase Putri Ari Dhani/

GALAMEDIANEWS – Pemerintah masih akan melanjutkan  penyaluran sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) pada tahun 2024. Ada beberapa bantuan yang disinyalir akan mulai cair pada Januari-Februari 2024 ini.

Berikut uraian lengkap perihal daftar Bansos yang masih akan dilanjutkan penyalurannya pada tahun 2024 ini lengkap dengan cara cek status dan daftar penerimanya. Pengecekan bisa dilakukan melalui website resmi Kemensos.

Pemerintah akan meneruskan penyaluran program Bantuan Sosial (Bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan data Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga: Bansos BNPT dan PKH Cair di Januari 2024, Cek Penerima dengan Langkah-langkah Berikut Ini

Daftar Bansos yang Cair Mulai Januari 2024

Berikut daftar bansos yang masih akan dilanjutkan pencairannya pada 2024 dan beberapa diantaranya sudah akan cair pada Januari-Februari 2024 sebagaimana dirangkum GalamediaNews dari kemensos.go.id.

  1. Bansos Beras 10 Kilogram

Bansos beras 10 kilogram (kg) merupakan bantuan sosial yang ditujukan untuk para penerima program bansos bantuan pangan non tunai (BPNT) dan bansos program keluarga harapan (PKH).

Pada tahun 2024 ini, Pemerintah berkomitmen untuk terus melanjutkan penyaluran bantuan pangan dari cadangan beras pemerintah (CBP) hingga Maret 2024 kelak dan kemungkinan besar akan berlanjut hingga Juni 2024.

  1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT merupakan bantuan yang  ditujukan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memiliki kondisi sosial ekonomi 25 persen terendah.

Bansos BNPT ini berbentuk kartu sejahtera di mana salah satu cara pemanfaatannya dengan menggunakannya di e-warong terdekat. Meski demikian, masyarakat akan tetap bisa mendapatkannya dalam bentuk uang.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x