Tegas, Presiden Jokowi Sebut Gubernur Jakarta Tetap Dipilih Rakyat

- 19 Januari 2024, 17:20 WIB
Ilustrasi Pemilihan Gubernur Jakarta.
Ilustrasi Pemilihan Gubernur Jakarta. /Pikiran-Rakyat.com/Fian Afandi



GALAMEDIANEWS - Gubernur Jakarta akan dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan kepala daerah (Pilkada). Hal ini ditegaskan Presiden RI Joko Widodo Jokowi dalam rapat membahas RUU DKJ bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jumat 19 Januari 2024.

"Presiden menyampaikan dengan tegas bahwa untuk Gubernur DKI dipilih oleh rakyat," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas.

Menurut Azwar, penunjukan gubernur oleh Presiden dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) merupakan salah satu poin yang muncul dalam daftar inventarisasi masalah (DIM).

Baca Juga: Waduh, Tiap Tahun 3 Negara Ini Kehilangan Jutaan Hektare Hutan

"Itu kan ada DIM yang muncul, salah satunya (gubernur) dipilih oleh Presiden. Tapi Presiden tadi memutuskan bahwa pemilihan gubernur DKI dipilih oleh rakyat," katanya seperti dilansir Antaranews.

Saat ini DPR RI masih membahas soal RUU DKJ, yang salah satu poinnya menetapkan Jakarta sebagai daerah otonomi khusus namun tidak lagi menyandang ibu kota.

Seperti diketahui, DKI Jakarta akan berubah nama menjadi DKJ setelah statusnya sebagai ibu kota negara resmi dipindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Bila merujuk pada UU tersebut, status Jakarta akan mengalami perubahan dari yang sebelumnya merupakan Daerah Khusus Ibu Kota menjadi Daerah Khusus Jakarta, sebagaimana diatur dalam Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ).

Baca Juga: Resep Membuat Ayam Geprek Jumbo ala Chef Devina Hermawan Rasanya Enak, Gurih, Pedas Cocok Jadi Ide Jualan 

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x