Bupati : Kiat Sukses Pimpin Pemerintahan, Kuncinya Komunikasi dan Saling Terbuka

- 21 September 2020, 21:06 WIB
/

GALAMEDIA - Bupati Sumedang Dr.H.Dony Ahmad Munir, berbagi kiat sukses menjalankan roda Pemerintahan Kab.Sumedang, bersama-sama dengan Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan.
 
Kiat tersebut sudah mereka buktikan dalam dua tahun masa kepemimpinan, tepatnya hingga pada 20 September kemarin.

“Alhamdulillah, dua tahun sudah telah kami lewati bersama untuk memimpin roda Pemerintahan di Kab.Sumedang. Meski masih ada kekurangan disana-sini, namun sudah banyak pula keberhasilan yang telah kami berikan. Dan kesuksesan ini tentu salah satu kuncinya adalah komunikasi dan saling terbuka. Disamping itu, tentunya berkat dukungan seluruh ASN di Lingkup Pemerintah Kab.Sumedang,” kata Dony, pada saat menggelar acara Refleksi 2 Tahun Sumedang Simpati, bertempat di Gedung Negara, Senin 21 September 2020.

Baca Juga: Tiba dari Jambi Ibu Tersangka Diperiksa Polisi, Ini Perkembangan Kasus Penyerangan Syekh Ali Jaber
 
Mereka berkomitmen untuk terus bersama-sama  melanjutkan masa kepemimpinanya hingga 2023 mendatang. Dengan merujuk pada salah sau indikator keberhasila pembangunan, yang diukur melalui peningkatan indek pembangunan manusia (IPM), maka pihaknya akan terus menggenjot sektor pendidikan, kesehatan serta meningkatkan daya beli masyarakat.
 
Meski sambung dia, di masa pandemi Covid-19 ini, dukungan anggaran menjadi hal yang crusial. Pasalnya sebagian besar anggaran yang sudah dialokasikan untuk program priotitas itu, terpangkas atau terkena refocusing untuk penanganan Covid-19.

Oleh sebab itu, selain mengandalkan APBD, pihaknya juga akan memanfaatkan berbagai potensi yang ada melalui konsep pentahelix. Dalam hal ini dimana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha dan media bersatu membangun kebersamaan.

Baca Juga: Gak Mau Kebanjiran Seperti yang Sudah-sudah, Warga RW 03 Leuwigajah Kerja Bhakti Bersihkan Selokan

“Kolaborasi pentahelix yang merupakan kegiatan kerjasama antar bidang Academic, Business, Community, Government dan Media (ABCGM), diketahui akan mempercepat proses pembangunan diberbagai sektor. Karena itu, peran media juga sangat penting dalam bersama-sama membangun Sumedang. Dan kami merasa bangga memiliki wartawan, yang memiliki persamaan sikap dan pandangan seperti itu,” ujarnya.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, selain dengan komunikasi dan saling terbuka, sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin juga, jangan epes meer, supaya bisa sukses.

“Pokoknya harus tahan banting dan jangan epes meer. Kalau jadi ingin sukses,” tandasnya.

Baca Juga: Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol, Astra Tol Cipali Pasang Wire Rope  
 
Pada kesempatan itu, baik Dony maupun Erwan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, ASN dan unsur lainnya, yang selama ini telah memberikan dukungannya. Sehingga dua tahun masa pemerintahan yang telah dilewatinya, berjalan dengan baik.

“Doakan saja semoga dalam mengemban amanat ini, diberikan kemudahan dan ridhoNya. Sehingga segala apa yang kami perbuat ini, bisa membuat masyarakat sejahtera,” ucapnya.
 
 
 
 
 
 
 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x