Latiao Camilan Viral di Dunia Maya, Sudah Bersertifikat Halal?

- 28 Februari 2024, 13:14 WIB
Latiao camilan viral Sertifikat halal./Photo by Karolina Grabowska/pexels
Latiao camilan viral Sertifikat halal./Photo by Karolina Grabowska/pexels /

 

GALAMEDIANEWS - Dunia maya baru-baru ini ramai membicarakan camilan asal Cina bernama latio. Latiao merupakan camilan baru di Indonesia berbahan dasar tepung gandum, kinako, dan minyak cabai. Bahan-bahan tersebut dipadukan dengan air, garam, gula, minyak nabati, penyedap rasa, dan beberapa bahan lainnya. Kemudian dipanaskan dengan suhu yang tinggi.

Latiao menjadi perbincangan yang cukup ramai setelah diduga menjadi penyebab keracunan puluhan pelajar di Sukabumi, Jawa Barat. Setidaknya sebanyak 28 pelajar di Sukabumi mengalami pusing-pusing dan mual setelah memakan camilan stik latiao pada Senin (26/2/2024), sebagaimana mengutip Rublik Depok.

Merespon kejadian itu, Satreskrim Polres Sukabumi telah memanggil pedagang yang menjual camilan tersebut untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: SBM Poltekpar Resmi Dibuka, Segera Daftar Kuota Terbatas!

Kritis Bahan Hingga Sertifikat Halal Camilan Latiao

Dalam laman resmi Halal MUI menjelaskan bahwa latiao menjadi viral karena memliki rasa yang gurih pedas dan membuat ketagihan ketika menyantap camilan ini.

Bahan dasar dari latiao yakni tepung gandum, kinako, dan minyak cabai. Ketiga bahan tersebut dipadupadankan dengan bahan-bahan lainnya seperti air, penyedap rasa, gula, dan lain-lain kemudian dipanaskan pada suhu tinggi.

Meski hampir seluruh bahan pembuatan latiao menggunakan bahan-bahan nabati, namun perlu memperhatikan berbagai hal lainnya, yaitu:

Baca Juga: Resep Membuat Es Sago Melon, Cocok untuk Takjil saat Bulan Puasa

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: MUI Depok pikiranrakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x