Data BPS Maret 2024: Tingkat Inflasi Kota Bandung Paling Rendah di Jawa Barat

- 2 Maret 2024, 19:55 WIB
Ilustrasi inflasi.
Ilustrasi inflasi. /

GALAMEDIANEWS - Kota Bandung menjadi kota dengan tingkat inflasi terendah pada Februari 2024 hanya mencapai 1,95 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Bandung per 1 Maret 2024, pengendalian inflasi Kota Bandung year on year (YoY) terhadap Februari 2023 sebesar 1,95 persen. Hasil ini berada di bawah inflasi YoY Jawa Barat sebesar 3,09 persen dan nasional sebesar 2,75 persen.

Komoditas yang ikut andil dalam inflasi YoY antara lain beras, rokok kretek filter, cabai merah, nasi dengan lauk, dan emas perhiasan.

Sedangkan komoditas yang menjadi penahan inflasi antara lain tarif air minum PDAM, bahan bakar rumah tangga, minyak goreng, bawang merah dan cabe rawit.

Baca Juga: Inflasi Tahunan Kota Bandung jadi yang Terendah di Indonesia

Sedangkan, inflasi month to month (MtM) Kota Bandung terhadap Januari 2024 sebesar 0,38 persen. Angka ini lebih kecil jika dibandingkan dengan inflasi Jawa Barat sebesar 0,45 persen dan diatas nasional sebesar 0,37 persen.

Pada inflasi MtM, penyumbang utama inflasi bulan Februari 2024 adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau dengan andil 0,33 persen.

Baca Juga: Cegah Kenaikan Inflasi, Pemda Bandung Barat Gandeng PT Bulog Gelar Operasi Pasar Beras Murah

Sementara, inflasi year to date (YtD) Kota Bandung sebesar 0,48 persen. Angka ini berada di bawah inflasi year to date Jawa Barat sebesar 0,61 persen dan lebih tinggi dari nasional sebesar 0,41 persen.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x