Sampah Rumah Tangga di Kota Bandung Masih Campur Aduk, Simak, Jenis-Jenis Sampah Yang Sampai di TPS dan TPA

- 4 Maret 2024, 04:03 WIB
Mang Uju (42) tengah mengangkut sampah di lingkungan Kompleks Perumahan Antapani Kota Bandung. sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Sampah Yang diangkut dari rumah ke rumah tersebut masih berupa sampah campuran organik dan anorganik"""
Mang Uju (42) tengah mengangkut sampah di lingkungan Kompleks Perumahan Antapani Kota Bandung. sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Sampah Yang diangkut dari rumah ke rumah tersebut masih berupa sampah campuran organik dan anorganik""" /bambang priambodo/Galamedianews.com/

 

 

GALAMEDIANEWS - Sampah rumah tangga di Kota Bandung hingga kini sebagian besar masih bercampur aduk saat sampai di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) maupun Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hal itu tentu saja membuat permasalahan sampah menjadi salah satu prioritas utama dalam penanganannya, baik pembuangan maupun pengelolaan.

Bercampur aduknya sampah rumah tangga di Kota Bandung itu terlihat dari jenis sampah yang biasa diangkut oleh para petugas sampah di lingkungan permukiman. Yakni, dari mulai sampah organik, anorganik, Bahan Beracun dan Berbahaya (B3), kertas, hingga residu.

Seperti diakui Uju (42), salah seorang petugas pengangkut sampah di dua Rukun Warga (RW) Kelurahan Antapani Kidul, Kecamatan Antapani, Kota Bandung, baru-baru ini.

Baca Juga: Tangani Masalah Sampah, Perguruan Tinggi di Bandung Diajak Ikut Terlibat

"Saya hampir setiap hari mengangkut sampah rumah tangga dari rumah ke rumah di Antapani. Sampah yang saya angkut sudah bercampur aduk dan sebagian besar sulit untuk memilah mana yang kardus, palstik, daun-daunan, botol kaca, tabung bekas, ataupun bungkus bekas makanan," ujarnya.

Menurut Uju, volume sampah yang biasa dia angkut setaip hari ke TPS Jalan Indramayu, berkisar antara satu hingga dua bak, atau sekitar dua hingga empat kubik, dengan menggunakan sepeda motor milik kelurahan.

Hanya Satu TPS Yang Memiliki Mesin Pemilah

Diakuinya, dari tiga TPS yang berada di kawasan Antapani, yakni TPS Jalan Cibatu, Jalan Subang, dan Jalan Indramayu, hanya TPS di Jalan Indramayulah yang memiliki mesin pemilah sampah organik dan anorganik yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung.

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: ANTARA Wawancara Direktorat SMP Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x