Sudah Dibuka! Jadwal, Cara Daftar, syarat Mudik Gratis Lebaran 2024 Naik Kereta Api, Berikut Rute

- 5 Maret 2024, 12:58 WIB
Ilustrasi Kereta Api. Jadwal, cara daftar, syarat Mudik Gratis Lebaran 2024 naik kereta api
Ilustrasi Kereta Api. Jadwal, cara daftar, syarat Mudik Gratis Lebaran 2024 naik kereta api /Instagram @keretaapikita/

GALAMEDIANEWS - Kementerian  Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis Lebaran 2024 dengan kereta api, berikut jadwal, syarat, cara daftar dan rutenya. Program ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna kendaraan pribadi, terutama sepeda motor. 

Nantinya, selain penumpang, sepeda motor juga akan diangkut secara gratis. “Sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dilansir dari laman resmi Kemenhub RI pada Senin, 4 Maret 2024.

Program mudik gratis tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi. Untuk jalur darat, Kemenhub telah menyiapkan ratusan bus, truk, dan tiket kereta api.

Salah satunya adalah program Motis (angkut sepeda motor gratis) 2024 yang diselenggarakan langsung oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA). Motis 2024 memfasilitasi masyarakat untuk melangsungkan mudik menggunakan kereta api secara gratis.

Baca Juga: CEK! Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024 Bersama Damri, Siapkan 250 Unit Bus

Selain itu, calon pemudik yang mendaftar program ini juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan tiket kereta api penumpang dengan kota tujuan yang sama seperti pengangkutan sepeda motor.

Jadwal Mudik Lebaran Gratis 2024

Dikutip dari website Kemenhub, Selasa 5 Maret 2024, masyarakat bisa menggunakan layanan mudik gratis lebaran ini dengan mendaftarkan diri ke program Motis 2024 yang sudah dibuka sejak Senin 4 Maret 2024 hingga 18 April 2024 mendatang.  

Jadwal keberangkatan angkutan Motis 2024 disediakan pulang pergi (PP) mulai arus mudik hingga arus balik berlangsung pada 2 April hingga 19 April. Kemenhub menyiapkan kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor selama periode Motis.

Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024

Peserta dapat mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id. Lalu verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk. Pendaftaran juga dapat dilakukan di posko pendaftaran yang ditunjuk.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x