Putusan Sidang Bawaslu KBB: Suara Caleg DPR Fraksi Nasdem Dapil Jabar 2 Terancam, Terbukti Geser Suara 350 TPS

- 6 Maret 2024, 21:14 WIB
 Bawaslu KBB ingatkan KPU KBB untuk mengembalikan suara sesuai C hasil terkait pergeseran suara caleg DPR RI Fraksi Nasdem Dapil Jabar 2 /Deni Supriatna - GalamediaNews
Bawaslu KBB ingatkan KPU KBB untuk mengembalikan suara sesuai C hasil terkait pergeseran suara caleg DPR RI Fraksi Nasdem Dapil Jabar 2 /Deni Supriatna - GalamediaNews /


GALAMEDIANEWS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) ingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat mengembalikan suara sesuai C hasil di 350 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di 6 Kecamatan di Bandung Barat, Jawa Barat.


Bawaslu Bandung Barat memberikan waktu kepada KPU KBB agar bisa mengembalikan suara di 350 TPS yang terindikasi curang tersebut dengan waktu dua hari setelah putusan sidang.


"Sesuai putusan sidang, pergeseran suara harus segera dikembalikan dalam waktu dua hari sesuai C hasil di 350 TPS," ujar ketua Bawaslu KBB, Riza Nasrul Falah usai sidang putusan yang dilaksanakan di kantor Bawaslu KBB pada Rabu, 6 Maret 2024.

Baca Juga: Jatuh di Kantor Bawaslu KBB, Ketua PPK Padalarang Ungkap Kondisi Ketua PPK Cisarua Sebelum Dilarikan ke RS


Dijelaskan Riza, 6 PPK yang merupakan terlapor mengakui adanya kesalahan dalam penginputan D1 yang dinaikan ke aplikasi Sirekap.


Bahkan, kata Riza, 6 PPK memberikan alasan bahwa aplikasi Sirekap mengalami error. Sehingga tidak terkunci saat pleno tingkat kecamatan.


"Fakta yang terungkap di persidangan juga ternyata aplikasi Sirekap tidak terkunci di pleno kecamatan," ucapnya.


Meski demikian, Riza menyebutkan, pihak Bawaslu KBB akan melakukan kajian terkait alasan terlapor dalam kasus pergeseran suara yang menguntungkan caleg DPR RI fraksi Nasdem Dapil Jabar 2 tersebut.


"Kita akan melakukan kajian, "tuturnya.

Baca Juga: Diduga Kelelahan Ikuti Sidang, Ketua PPK Kecamatan Cisarua Tak Sadarkan Diri Usai Jatuh di Tangga Bawaslu KBB

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x