SpaceX Kembali Luncurkan StarShip ke Orbit

- 14 Maret 2024, 14:12 WIB
SpaceX Kamis 14 Maret 2024 siang kembali meluncurkan Starship ke orbit. Peluncuran merupakan ketigakalinya setelah duakali peluncuran mengalami kegagalan.
SpaceX Kamis 14 Maret 2024 siang kembali meluncurkan Starship ke orbit. Peluncuran merupakan ketigakalinya setelah duakali peluncuran mengalami kegagalan. /Tangkapanlayar YouTube TheLaunchPad/

GALAMEDIANEWS – Ambisi Elon Musk bersama Space X untuk menaklukan Mars kembali dilakukan Kamis 14 Maret 2024. Usai kegagalan duakali Space X kembali akan meluncurkan Starship lagi.

Setelah sebelumnya dua roket gagal diluncurkan dengan berakhir ledakan, Space X mengklaim kali ini akan meluncurkan  roket paling kuat di dunia yang sangat penting bagi rencana NASA untuk mendaratkan astronot di Bulan pada akhir dekade ini. “Harapan Elon Musk untuk pada akhirnya menjajah Mars,” demikian di kutip dari situs beruita Arab News.

Meskipun dua percobaan gagal  diakui tidak selalu berarti buruk. Space X telah mengadopsi pendekatan trial-and-error yang cepat untuk mempercepat pengembangan, dan strategi tersebut telah membawa kesuksesan di masa lalu.

Baca Juga: Koneksi Internet Gaza Terputus Total: Panggilan untuk SpaceX dan Starlink Elon Musk

Peluncuran dari lokasi peluncuran perusahaan di Texas tenggara dapat terjadi mulai Kamis 14 Maret 2024 pukul 7 pagi waktu setempat atau 12.00 GMT. Peluncuran dilakukan setelah Federal Aviation Administration (FAA) memberikan lampu hijau pada hari Rabu 13 Maret 2024 dan SpaceX akan menjalankan webcast di situsnya mulai tiga puluh menit sebelumnya.

Ketika dua tahap Starship digabungkan, roket tersebut akan mencapai ketinggian 397 kaki atau 121 meter, mengalahkan Patung Liberty dengan ketinggian 90 kaki. Super Heavy Booster-nya menghasilkan daya dorong sebesar 16,7 juta pon atau 74,3 Meganewton, hampir dua kali lipat dari roket terkuat kedua di dunia, Space Launch System (SLS) NASA, meskipun yang terakhir ini sekarang sudah beroperasi penuh.

Uji peluncuran ketiga Starship dalam konfigurasi bertumpuk penuh akan menjadi yang paling ambisius hingga saat ini.

Baca Juga: Elon Musk Akan Hapus Fitur Ini di X (Twitter), Netizen Protes

Selain terbang lebih tinggi dan lebih jauh, tujuannya termasuk membuka dan menutup pintu muatan Starship untuk menguji kemampuannya mengirimkan satelit dan kargo lainnya ke luar angkasa.

SpaceX juga bertujuan untuk menyalakan kembali mesin kapal di luar angkasa, dan melakukan tes di dalam pesawat yang akan membantu membuka jalan bagi Starship di masa depan untuk saling mengisi bahan bakar di orbit.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: ArabNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x