Malas Makan Sahur dan Hanya Minum Air Putih Justru Berdampak Buruk Bisa Kena Dehidrasi dan Kelaparan Seharian

- 19 Maret 2024, 14:29 WIB
Ilustrasi minum air putih, bisa mencegah batu ginjal serta infeksi kandung kemih.
Ilustrasi minum air putih, bisa mencegah batu ginjal serta infeksi kandung kemih. /Pexels.com /Andrea Piacquadio/
GALAMEDIANEWS – Hanya meminum air saat puasa ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Malas makan sahur biasanya terjadi ketika orang sudah memakan berat saat berbuka puasa.
 
Namun, hal ini bisa juga karena malas untuk memasak makanan sahur sehingga memilih untuk tidak sahur sama sekali. Menurut ahli gizi, melewatkan waktu sahur sangat tidak baik termasuk hanya meminum air putih.
 
Jika, tubuh tidak mendapatkan asupan karbohidrat, protein, dan mineral yang cukup, maka ini tidak akan optimal untuk menjalani puasa. Sahur juga dapat menolong untuk mendapat asupan nutrisi yang mendukung puasa.
 
 
Ketika melewatkan sahur, tubuh juga akan menjadi rentan terhadap infeksi. Selain itu, jadi mudah lemas saat menjalani puasa. Terkadang rasa malas juga membuat melewatkan sahur.
 
Melewatkan sahur dapat meningkatkan risiko mengalami dehidrasi dan kelaparan selama berpuasa,berbagai masalah kesehatan juga bisa datang begitu saja mulai dari pusing, sakit hingga pingsan.
 
Makanan yang seimbang dapat meliputi karbohidrat, protein, buah dan sayuran yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan. Sahur dengan menu lengkap dapat membantu meningkatkan kekuatan fisik dan menjaga kesehatan mental selama menjalani puasa.
 
Menu sahur dengan karbohidrat kompleks karena bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, tidak lupa juga anjuran minimal dua gelas air putih saat sahur dan susu bisa menambah cairan dalam tubuh.
 
 
Minum air memiliki manfaat menjaga cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan masalah percernaan dan penyerapan makaan  seperti sirkulasi, ginjal, dan mempertahankan suhu tubuh yang normal.
 
Membantu memberikan energi pada otot dan bisa melumasi sendi agar tetap lentur karena ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan otot, membantu mengendalikan asupan kalori tubuh, minum air putih juga dapat mencegah terjadinya peningkatan berat badan dibandingkan minuman manis yang tinggi kalori.
 
Menjaga kesegaran kulit dan melindungi saraf tulang belakang dan jaringan sensitif pada tubuh lainnya juga.
 
Rata – rata wanita disarankankan untuk minum air putih sekitar 8 gelas berukuran 200 ml per hari atau 1,6 liter. Sedangkan, pria disarankan untuk minum sekitar 10 gelas berukuran 200 ml atau sekitar 2 liter perhari.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: YouTube RadioQu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x