Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Puluhan Rumah di Cipongkor dan Rongga Bandung Barat

- 25 Maret 2024, 15:54 WIB
Banjir bandang dan tanah longsor menerjang sejumlah titik di Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga
Banjir bandang dan tanah longsor menerjang sejumlah titik di Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga / GALAMEDIANEWS/Deni Supriatna/

GALAMEDIANEWS - Banjir bandang dan tanah longsor menerjang sejumlah titik di Kecamatan Cipongkor dan Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Minggu 24 Maret 2024 malam.

Banjir bandang yang dipicu hujan deras tersebut mengakibatkan sungai Cijambu meluap dan merendam permukiman, sawah hingga menggerus jembatan di Desa Cibenda, Sirnagalih, Baranangsiang dan Desa Cijambu Kecamatan Cipongkor dan Desa Cibitung dan Sukaresmi Kecamatan Rongga.

Kendati begitu, belum diketahui secara pasti jumlah korban dan kerusakan akibat bencana banjir bandang tersebut. Namun, pada Senin 25 Maret 2024 dini hari, dikabarkan satu warga terjebak reruntuhan bangunan.

Baca Juga: Kecamatan Cipongkor Diterjang Banjir Bandang dan Longsor, 10 Rumah Terendam

"Satu warga terjebak di reruntuhan sudah dua jam belum bisa dievakuasi,"kata Kepala Desa Cibenda, Abdulrohman, melalui pesan suara, Senin 25 Maret 2024.

Sekretaris Desa Sirnagalih, Yayat Supriatna menyebut,  hingga dini hari pihaknya belum bisa mendata berapa jumlah kepala keluarga terdampak karena terbatasnya komunikasi dan adanya pemadaman listrik.

"Banjir sudah mereda.Masih proses evakuasi dan pembersihan puing-puing dan sampah di rumah warga, untuk longsor proses juga dan warga terdampak sementara dievakuasi ke rumah sanak saudara dan tetangga," ujarnya.

Baca Juga: Jabar Bergerak KBB Gandeng Yayasan AKI Salurkan Bantuan bagi Korban Terdampak Pergerakan Tanah di Rongga

Sementara itu, petugas BPBD KBB, Suheri mengatakan, pihaknya tengah melakukan asesmen di lokasi bencana dibantu relawan Tagana dan warga sekitar.

"Ada beberapa kejadian, temen-temen sudah di lokasi, sedang penanganan. Dari laporan yang masuk sampai saat ini ada banjir dan longsor, data selanjutnya kami masih asesmen," katanya menandaskan.***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x