Mensos Risma Bakal Sediakan Sekolah Sementara Hingga Lahan Peternakan Bagi Warga Terdampak Banjir-longsor KBB

- 26 Maret 2024, 07:50 WIB
Mensos Risma Maharini akan menyiapkan lahan peternakan bagi korban terdampak longsor dan banjir, bahkan akan menyediakan sekolah sementara bagi anak-anak
Mensos Risma Maharini akan menyiapkan lahan peternakan bagi korban terdampak longsor dan banjir, bahkan akan menyediakan sekolah sementara bagi anak-anak /Deni Supriatna /GALAMEDIANEWS ///

GALAMEDIANEWS - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memprediksi bahwa penanganan korban yang terdampak bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat akan berlangsung lama. 

Pasalnya, Risma menyampaikan, hal tersebut dikarenakan seluruh rumah milik pengungsi mengalami rusak parah. Sehingga harus disiapkan tempat yang aman. 

"Saya prediksi tidak akan selesai dengan waktu 1 hari atau 2 hari. Ini pasti akan lama, karena mereka kehilangan tempat tinggal, jadi yang harus disiapkan adalah air bersih, toilet dan lain-lainnya," ujar Mensos Risma saat meninjau langsung posko pengungsian pada Senin 25 Maret 2024, malam. 

Selain itu, Risma mengatakan, bahwa warga yang berada di posko pengungsian terlihat kebingungan. Sebab rumah milik mereka mengalami rusak parah. 

Baca Juga: Pemda Bandung Barat Tetapkan Status Tanggap Darurat Imbas Banjir - Longsor, 10 Orang dalam Pencarian

" Mereka rata-rata kebingungan karena rumahnya hilang. Kondisi tempat yang lama berbahaya, tidak mungkin mereka kembali ketempat lama dan masalahnya harus mencari tempat yang aman supaya tidak ada korban lagi," ucapnya. 

Dijelaskan Risma, Kementerian sosial (Kemensos) telah bekerjasama dengan TNI-Polri dan Pemerintah daerah (Perda) dalam penanganan korban yang terdampak. 

Adapun terkait baperstock, Risma mengungkapkan, jalan menuju posko pengungsian sangat labil dikarenakan struktur jalanannya tergerus air

"Jalan Itu harus aman, karena itu pengamanan untuk baperstock makanan," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x