BPBD KBB Sebut Pencarian 10 Korban Longsor dan Banjir di Bandung Barat Akan Ditutup Hingga 7 April 2024

- 26 Maret 2024, 14:45 WIB
Tim SAR Gabungan melakukan pencarian di titik  rumah warga yang terkubur tanah longsor dan banjir bandang di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat .
Tim SAR Gabungan melakukan pencarian di titik rumah warga yang terkubur tanah longsor dan banjir bandang di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat . /GALAMEDIANEWS/Deni Supriatna/

GALAMEDIANEWS - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana (kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Meidi mengatakan, untuk pencarian korban yang tertimbun longsor dan banjir bandang kembali dilanjutkan dengan dimulai dari pukul 07:00 sampai pukul 17:00 WIB, sore.

Adapun pencarian korban dilakukan bersama tim gabungan yang diantaranya dari TNI - Polri, Basarnas, Satbrimob dan K9, Tagana unsur masyarakat, relawan, BPBD Jabar dan BPBD KBB serta BNPB.

"Kita mulai kembali pencarian korban di hari kedua bersama tim gabungan, semuanya bersinergi untuk membantu dalam pencarian korban yang masih belum ditemukan sampai saat ini,"ujar Plt Kalak BPBD KBB, Meidi pada Selasa, 26 Maret 2024.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan 3 Jasad Korban Longsor dan Banjir Bandung Cipongkor, Masih Ada 7 Korban

Menurut Meidi, pencarian korban yang masih tertimbun akan terus dilakukan selama 10 hari kedepan.  " Kita akan tetap melakukan terus pencarian korban selama 10 hari kedepan. Artinya sampai tanggal 7 April 2024," ucapnya.

Dijelaskan Meidi, bahwa 10 hari kedepan merupakan berakhirnya masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh pemerintah daerah (Pemda) Bandung Barat.

Selain itu, kata Meidi, meskipun korban yang tertimbun longsor tidak dapat ditemukan. Namun, status tanggap darurat akan tetap ditutup. "Jadi walaupun korban tidak berhasil ditemukan. Kita akan tutup status tanggap darurat," tuturnya. 

Baca Juga: Basarnas Jabar Bentuk 3 Regu Work Sit Proses Pencarian 10 Korban Tertimbun Longsor Cipongkor Bandung Barat

Terkait data tambahan rumah yang mengalami rusak, Meidi menjelaskan, tidak adanya penambahan data. Bahkan, data masih mengacu di data awal.

Selanjutnya, Meidi menegaskan, pihaknya terus mencatat terkait kerusakan berat dan ringan termasuk fasilitas umum , fasilitas khusus dan fasilitas sosial.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x