Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan 3 Jasad Korban Longsor dan Banjir Bandung Cipongkor, Masih Ada 7 Korban

- 26 Maret 2024, 14:29 WIB
Tim SAR gabungan mengevakuasi salah satu korban dari tiga korban longsor dan banjir bandang di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat, yang diketemukan Selasa 26 Maret 2024.
Tim SAR gabungan mengevakuasi salah satu korban dari tiga korban longsor dan banjir bandang di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat, yang diketemukan Selasa 26 Maret 2024. /GALAMEDIANEWS/ Deni Supriatna /

GALAMEDIANEWS - Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan tiga korban yang tertimbun tanah longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat pada Selasa 26 Maret 2024 siang.

Kasie Operasi dan siaga Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat, Supriono mengungkapkan  bahwa ketiga korban yang ditemukan ditemukan berdekatan selang jeda 30 menit pencarian. Ketiga korban yang baru ditemukan itu 2 masih anak-anak 1 dewasa.

"Tim SAR gabungan telah berhasil menemukan korban pada pukul 11.54 di worksheet Alfa (titik pencarian_Red) atau 1 jenis kelamin perempuan anak-anak, dan penemuan yang kedua yaitu laki-laki anak dipukul 12.23 berhasil dievakuasi dalam kondisi maik Delta dan langsung dievakuasi ke rumah sakit Cililin," ujar Supriono disela kegiatan pencarian kepada wartawan GalamediaNews Deni Supriatna di lokasi penemuan ke tiga korban.

Baca Juga: Basarnas Jabar Bentuk 3 Regu Work Sit Proses Pencarian 10 Korban Tertimbun Longsor Cipongkor Bandung Barat

Menurut Supriono, bahwa ketiga korban itu ditemukan di kedalaman 1 meter sampai 1 setengah meter dibawah timbunan matrial longsoran.  "Kedalaman korban di sekitar kedalaman informasi tadi durasi satu sampai satu setengah meter," ucapnya.

Dijelaskan Supriono, sesuai assesment worksheet atau titik pencarian diperkirakan para korban terjebak tidak jauh dilokasi penemuan korban pertama.

"Sesuai dengan informasi awal assessment awal bahwasanya di titik inilah adanya korban kurang lebih antara 5 sampai 6 korban , makanya konsentrasi dari awal rencana operasi Kita tentukan 3 worksheet tersebut," tuturnya.

 

Selain itu, kata Supriono, bila cuaca saat pencarian mendukung dan tidak terjadi hujan lebat, diharapkan seluruh para korban yang tertimbun segera berhasil ditemukan.

"Mudah-mudahan Hari ini cuaca bagus diberi kekuatan, kesehatan maksimal untuk berhasil mengevakuasi dan mencari korban yang masih belum ditemukan," katanya menandaskan.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x