Akses Jalan Cipongkor KBB Labil Longsor, Mensos Risma Ingatkan Penanaman Pohon Bambu

- 26 Maret 2024, 15:05 WIB
 Mensos Risma Maharini saat meninjau langsung lokasi pengungsian warga yang terdampak longsor dan banjir bandang di Desa Cibenda Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat.
Mensos Risma Maharini saat meninjau langsung lokasi pengungsian warga yang terdampak longsor dan banjir bandang di Desa Cibenda Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. /GALAMEDIANEWS /Deni Supriatna /

GALAMEDIANEWS - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyarankan adanya penanaman pohon bambu disepanjang akses jalan yang terdampak longsor dan banjir bandang yang terjadi di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat.

Menurut Tri Rismaharini, akses jalan yang tergerus air harus dilakukan penanaman pohon bambu upaya mencegah terjadi bencana longsor.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan 3 Jasad Korban Longsor dan Banjir Bandung Cipongkor, Masih Ada 7 Korban

"Akses jalan yang tergerus air harus segera ditangani dengan melakukan penanaman pohon bambu agar nantinya tidak terjadi longsor lagi," ujar Mensos Tri Rismaharini dilokasi pengungsian pada Senin, 25 Maret 2024, malam.

Selanjutnya, Tri Rismaharini mengingatkan,  saluran air juga harus diarahkan untuk dialihkan, sebab kalau tidak akan menyebabkan struktur tanah semakin labil dan mudah longsor.

Baca Juga: BPBD KBB Sebut Pencarian 10 Korban Longsor dan Banjir di Bandung Barat Akan Ditutup Hingga 7 April 2024

"Tadi sudah kita berdiskusi terkait penanganan akses jalan agar tidak labil yang menyebabkan terjadinya longsor," katanya menandaskan. ***

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x