Kapan KIP Kemendikbud 2024 Cair? Berikut Jadwal Penyaluran dan Cara Cek Status Penerima di Website Resminya

- 31 Maret 2024, 14:30 WIB
Bantuan PIP Kemdikbud 2024./ pip.kemdikbud.go.id/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews
Bantuan PIP Kemdikbud 2024./ pip.kemdikbud.go.id/ Kolase Putri Ari Dhani @GalamediaNews /

GALAMEDIANEWS – Pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan melalui Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan memberikan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024.

Program Indonesia Pintar (PIP) Kemendikbud merupakan bantuan pemerintah yang masih termasuk dalam bantuan sosial (Bansos) komplementer yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

Bansos pemerintah ini hanya ditujukan untuk peserta PKH yang memiliki anak usia sekolah dengan usia 6-21 tahun dan otomatis akan mendapatkan bansos PIP.

Bantuan PIP Kemendikbud 2024 ini akan disalurkan kepada 18.6 juta pelajar di seluruh jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan yang sederajat.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal dan Cara Mendaftar KIP Kuliah Merdeka 2024

Ada beberapa kriteria peserta yang bisa mendapatkan bantuan ini, diantaranya adalah pemegang Kartu Indonesia Pintar, dengan data terpadu di Dapodik dan DTKS Kemensos, dari keluarga miskin atau rentan miskin, terdampak bencana, korban konflik, disabilitas dan juga yatim piatu.

Jadwal Pencairan PIP Kemendikbud 2024

Adapun untuk jadwal pencairannya, bantuan PIP Kemendikbud 2024 ini akan disalurkan dalam tiga tahap sebagai berikut ini:  

Tahap pertama: Februari - April 2024

Tahap kedua: Mei - September 2024

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: pip.kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x