WASPADA!!! Tren Peningkatan Kasus Demam Berdarah Dengue Kini Juga Tengah Melanda Negeri Jiran Malaysia

- 2 April 2024, 00:57 WIB
Arsip - Petugas melakukan fogging antinyamuk di salah satu apartemen di Kuala Lumpur, Jumat (13/10/2023). (ANTARA/Virna P Setyorini)
Arsip - Petugas melakukan fogging antinyamuk di salah satu apartemen di Kuala Lumpur, Jumat (13/10/2023). (ANTARA/Virna P Setyorini) /


GALAMEDIANEWS - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) melaporkan adanya tren peningkatan jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga jumlah kematian akibat penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut.

Dilaporkan, pada Pekan Epidemiologi ke-12 yang terjadi pada periode 17 hingga 23 Maret 2024, jumlah kasus demam berdarah mencapai 3.041. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan minggu sebelumnya yang mencapai 2.905 kasus demam berdarah.

Demikian ditegaskan Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia DR. Muhammad Radzi Abu Hassan dalam keterangan persnya kepada awak media yang dikeluarkan di Putrajaya, Senin (1/4)

"Selama Pekan Epidemiologi ke-12 yang terjadi pada periode 17 hingga 23 Maret 2024, sudah ada empat kasus kematian akibat komplikasi demam berdarah," ujar DR. Muhammad Radzi Abu Hassan.

Baca Juga: WASPADA!! DBD Meningkat Tiga Kali Lipat, Tahun 2024 Ini Sudah Ada 43.271 Kasus Dengan Jumlah Kematian 343 Jiwa

Musim Perayaan Menyebabkan Peningkatan Pergerakan Masyarakat dan Meningkatkan Risiko Penularan Demam Berdarah

Dikatakan, secara kumulatif penyakit DBD hingga Pekan Epidemiologi ke-12 di Malaysia telah mencapai 41.565 kasus. Angka tersebut melonjak cukup jauh jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 26.222 kasus.

Sedangkan jumlah kumulatif kematian akibat demam berdarah hingga Pekan Epidemiologi ke-12 tahun ini mencapai 28 kasus, sedangkan pada tahun 2023 mencapai 17 kasus pada periode yang sama.

Baca Juga: HATI-HATI!!! Guna Kendalikan DBD Kemenkes Akan Perluas Uji Coba Pelepasan Nyamuk Ber-Wolbachia di Kota Bandung

Selangor menjadi titik ditemukannya kasus demam berdarah terbanyak yakni 118 lokasi. Sedangkan di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan WP Putrajaya terdapat di 13 lokasi, di Penang ditemukan di enam lokasi, di Perak ditemukan di dua lokasi, sedangkan di Negeri Sembilan dan Johor masing-masing ditemukan di satu lokasi.

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x