Perhatikan Cara Penyimpanan Buah dan Sayuran

- 5 April 2024, 08:41 WIB
Ilustrasi/Pembeli memilih buah pisang di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan/ANTARA FOTO/Arnas Padda/
Ilustrasi/Pembeli memilih buah pisang di Pasar Terong, Makassar, Sulawesi Selatan/ANTARA FOTO/Arnas Padda/ /

GALAMEDIANEWS – Pengolahan dan penyimpanan buah sayur menjadi perhatian sebelum diolah jadi menu masakan atau langsung dikonsumsi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menyimpan seluruh jenis buah dan sayur di dalam lemari es.

Terdapat beberapa jenis buah yang justru tidak dapat disimpan di dalam lemari pendingin..

Ima Ananda selaku Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda BPOM mengatakan, "Pisang, kalau disimpan di dalam kulkas nanti akan cepat layu, kemudian tomat, bisa tidak bagus kualitasnya, lebih baik ditaruh di luar dengan suhu ruang," ujarnya dalam diskusi bertajuk "Keamanan Pangan untuk Konsumen Cerdas" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Resep Ketupat Sayur Bakso untuk Lebaran Ala Devina Hermawan, Cocok Buat Cerdaskan Otak dan Diet

Ima menyebutkan mangga yang termasuk ke dalam buah tropis seperti pisang juga disarankan untuk tidak disimpan di dalam lemari es karena dapat mengurangi kualitasnya.

"Kentang juga, kalau disimpan di kulkas nanti akan lembab, cepat hijau, dan bisa tumbuh tunas. Kalau kentang sudah hijau artinya sudah tidak boleh dikonsumsi," ucapnya menjelaskan.

Bahan pangan yang lain juga diperhatikan, Ima menyarankan untuk tidak menyimpan telur di dalam lemari es jika belum dibersihkan.

Ima menjelaskan jika telur yang belum dibersihkan secara alami mengandung bakteri salmonella pada kulitnya, yang dapat mengkontaminasi makanan yang lain di dalam lemari es.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x