Tim Pemantauan Pos Kesehatan Arus Mudik dan Balik Lebaran Dilepas oleh Kemenkes

- 8 April 2024, 09:40 WIB
Kemenkes melepas Tim Pemantauan Lebaran/
Kemenkes melepas Tim Pemantauan Lebaran/ /sehatnegeriku.kemkes.go.id//

GALAMEDIANEWS – Lebaran kali ini merupakan tradisi tahunan yang terjadi di Indonesia. Jutaan orang akan melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Pihak terkait sudah melakukan koordinasi dan membentuk tim pemantauan.

Kementerian yang langsung melakukan pemantauan ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kemenkes menyiagakan fasilitas pelayanan kesehatan dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2024.

15.705 fasilitas kesehatan disiagakan di 38 provinsi, terdiri atas 10.147 puskesmas, 3.186 rumah sakit, 352 Public Safety Center (PSC) 119, 51 balai kekarantinaan kesehatan (BKK), dan 1.569 Pos Pelayanan Kesehatan di sepanjang jalur mudik.

Baca Juga: HATI-HATI!!! Guna Kendalikan DBD Kemenkes Akan Perluas Uji Coba Pelepasan Nyamuk Ber-Wolbachia di Kota Bandung

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan dr. Azhar Jaya mengatakan, “Kementerian Kesehatan juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui dinas kesehatan untuk tetap mengaktifkan puskesmas dan rumah sakit di wilayah masing-masing dalam upaya penanganan rujukan dari pos kesehatan yang dibangun,” ujarnya saat melepas tim pemantauan mudik di kantor Kemenkes.

Prediksi dari Pemerintah untuk Lebaran kali ini terdapat 193,6 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Pemerintah juga memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-2 atau Senin, 8 April 2024, yang menandai awal cuti bersama, dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang atau 13,7%.

Perkiraan puncak arus balik terjadi pada H+3 atau Minggu, 14 April 2024, dengan potensi pergerakan 41 juta orang atau sekitar 21,2%.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x