Dihantui Drama Covid Trump, Debat Wapres Kamala Harris vs Pence Dilakukan dengan Barikade Plexiglass

- 7 Oktober 2020, 15:19 WIB
Wapres AS terpilih, Kamala Harris.
Wapres AS terpilih, Kamala Harris. /Instagram.com/@kamalaharris

GALAMEDIA - Wakil Presiden Mike Pence akhirnya bersedia melakukan debat perdana menghapi cawapres Demokrat yang juga senator California Kamala Harris di balik barikade plexiglass, Rabu malam waktu setempat.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Rabu (7 Oktober 2020) Pence dan Harris akan tampil di atas panggung dengan jarak 12,25 kaki atau tak kurang dari 3,6 meter.

Ini menyusul hasil tes Covid-19 Donald Trump yang dinyatakan positif usai debat pertama dengan Joe Biden. Ditanggapi sebagai skandal nasional hingga menjadi berita global, pihak Demokrat menolak debat tanpa perlindungan kaca pemisah.

Baca Juga: Penasaran Kan Mengapa Daun Janda Bolong Berlubang? Seolah Aneh Ya, Ini Jawabannya

Awalnya, tim Pence keberatan dengan permintaan Harris untuk penghalang kaca plexiglass dengan alasan secara medis tidak perlu.

Tetapi Komisi Debat Presiden menyetujui usulan Harris dan staf Pence mengatakan  mereka tidak akan menghalangi politikus veteran tersebut dari ajang debat di Cleveland, Ohio.

Baca Juga: Tumben, Denny Siregar Tampar Keras Relawan Jokowi Bersatu

Kehadiran Pence dipertanyakan karena ia sempat mendampingi Trump dengan  staf lainnya minggu lalu. Kini selain Trump 15 staf positif Covid-19.

Namun Pence yang sudah beberapa kali menjalani tes meastikan dirinya negatif. Staf serta dokternya pun bersikeras bahwa Pence tidak perlu melakukan karantina sesuai pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Baca Juga: DPR RI Reses Usai Tetapkan UU Omnibus Law Cipta Kerja, 18 Anggota dan 40 Staf Terpapar Covid-19

CDC mendefinisikan kontak dekat yang berisiko berada dalam jarak 1,8 meter  dari orang yang terinfeksi selama setidaknya 15 menit selama dua hari sebelum timbulnya gejala atau tes positif.

Sepanjang hari pada hari Selasa, dokter Pence dan direktur CDC, Robert Redfield, mengirimkan surat yang menjelaskan bahwa wakil presiden tidak memiliki cukup kontak dengan Trump untuk dikarantina.

Kepala Staf Pence Marc Short mengatakan kepada The Washington Post bahwa penghalang plexiglass tidak diperlukan, karena para kandidat sudah berjarak lebih dari tiga meter.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Daily Mail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x