Bupati Bandung Percepat Pemerataan Pembangunan, Segera Gelontorkan Rp 100 Juta per RW di Tiap Kelurahan

- 13 Juni 2024, 20:23 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna akan percepat pemerataan pembangunan dengan segera menggelontorkan dana Rp 100 Juta per RW di tiap kelurahan./ Diskominfo Kabupaten Bandung
Bupati Bandung Dadang Supriatna akan percepat pemerataan pembangunan dengan segera menggelontorkan dana Rp 100 Juta per RW di tiap kelurahan./ Diskominfo Kabupaten Bandung /

 

GALAMEDIANEWS - Untuk mempercepat pemerataan pembangunan, Bupati Bandung Dadang Supriatna segera menggelontorkan anggaran pembangunan minimal sebesar Rp 100 juta per Rukun Warga (RW) yang berada di 10 Kelurahan di Kabupaten Bandung.

Hal ini disampaikan Bupati Dadang Supriatna saat kegiatan sosialisasi Perbup Nomor 5/2024 tentang perubahan Perbup Nomor 249/2023 tentang Pelaksanaan Program Sinergitas Pembangunan Kelurahan Bedas (PSPKB), dan Bimtek Swakelola Tipe IV untuk Pokmas Kelurahan se-Kabupaten Bandung di Sutan Raja Hotel, Soreang, Kamis 13 Juni 2024.

"Kebijakan ini merupakan bentuk keberpihakan Pemkab Bandung terhadap masyarakat Kelurahan. Karena masyarakat Kelurahan juga warga Kabupaten Bandung yang harus kita perhatikan," kata Bupati Bandung Dadang Supriatna atau yang akrab disapa Kang DS.

Ia mengatakan, selama ini terdapat kesenjangan pembangunan di Desa dan Kelurahan. Hal itu dapat terlihat dari perbandingan anggaran untuk Desa dan Kelurahan yang jomplang, bagai bumi dan langit.

"Kalau Desa itu dapat dana desa dari pemerintah pusat, sementara Kelurahan tidak ada. Kami tidak mau ada kesenjangan dalam konteks perlakuan pembangunan bagi masyarakat Desa dan Kelurahan. Ini kan persoalan yg harus kita selesaikan," ujar Kang DS.

Baca Juga: TEGAS! Bupati Bandung Peringatkan SPBE dan Agen Gas Nakal akan Dicabut Izinnya

Oleh karena itu, hari ini ia meluncurkan program PSPKB dimana nantinya per RW mendapatkan Rp 100 juta, sehingga bisa mengimbangi perbandingan keuangan Desa dan Kelurahan.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu menyebut PSPKB merupakan program inovasi Pemkab Bandung untuk mengakselerasi pembangunan di kelurahan melalui pelibatan aktif masyarakat.

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Diskominfo Kabupaten Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah