Kabupaten Cianjur Jawa Barat di Guncang 3 Kali gempa Bumi Tektonik, Terkuat Magnitudo 3.4

- 17 Juni 2024, 20:11 WIB
Peta pusat gempa bumi magnitudo 3.4 yang mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya Senin 17 Juni 2024.
Peta pusat gempa bumi magnitudo 3.4 yang mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya Senin 17 Juni 2024. /Tangkapanlayar Instagram @bmkgwilayah2/

GALAMEDIANEWS - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II Tanggerang menginformasikan telah terjadi gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya Senin 17 Juni 2024. Gempa bumi tektonik akibat aktivitas sesar lokal Sesar Cugenang paling kuat dirasakan dengan magnitudo 3.4.

Sementara berdasarkan keterangan yang dikutip dari media sosial Balai Besar meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah II Tanggerang, gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya terjadi tigakali. Gempa bumi pertama terjadi pada pukul 00.43 WIB dengan kekuatan magnitudo 2.1, berpusat di darat dikedalaman 7 kilometer.

Baca Juga: Kabupaten Sumedang di Guncang 2 Kali gempa Bumi, begini Penjelasan BMKG

Kemudian gempa bumi kedua pada pukul 18.15 WIB dengan kekuatan magnitudo 1.9 berpusat di darat dikedalaman 10 kilometer. Kemudian gempa bumi sangat dirasakan pada pukul 18.21 WIB berpusata di darat pada kedalaman 10 kilometer.

Dalam keterangannya, Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang Hartanto mengatakan bahwa kejadian dan parameter gempa bumi tektonik pada hari Senin, 17 Juni 2024 pukul 18.21 WIB, melanda wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan magnitude 3,4.

Sementara episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.85 derajat Lintang Selatan dan 107.07 derajat Bujur Timur. “Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer Barat Daya kabupaten Cianjur Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer,” kata Jartanto dalam keterangannya yang dikutip dari media sosial Instagram BBMKG Wilayah II Tanggerang @bmkgwilayah2.

Baca Juga: 2 Kali Gempa Bumi Tektonik Guncang Pangandaran dan Sekitarnya

Sementara untuk jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Gempa bumi terjadi akibat aktivitas Sesar Cugenang.

Sedangkan untuk dampak gempa bumi yang ditimbulkan, sebagaimana yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dengan Skala Intensitas II hingga III MMI. 

Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Instagram @bmkgwilayah2


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah