Hujan Deras, 6 Kecamatan di Kabupaten Bandung Dilanda Bencana

- 30 Juni 2024, 18:39 WIB
Ilustrasi hujan deras yang akibatkan bencana terjadi di Kabupaten Sukabumi.
Ilustrasi hujan deras yang akibatkan bencana terjadi di Kabupaten Sukabumi. /Pixabay/Joshua_seajw92/

GALAMEDIANEWS - Hujan deras mengakibatkan 6 kecamatan di Kabupaten Sukabumi dilanda bencana Hidrometeorologi. Beruntung mencana yang terjadi Sabtu 29 Juni 2024 ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, ada enam kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang dilanda bencana hidrometeorologi akibat dipicu hujan deras.

Keenam kecamatan tersebut yakni Kecamatan Ciemas, Lengkong, Jampangtengah, Surade, Cibitung, Purabaya dan Pabuaran.

Baca Juga: Pesta Rakyat Perayaan Hari Bhayangkara ke-78, Polisi Siapkan Rekayasa Arus Lalu Lintas

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim di Sukabumi, Minggu 30 Juni 2024, di Kecamatan Ciemas tepatnya di Desa Tamanjaya, bencana banjir terjadi akibat saluran irigasi jebol hingga mengakibatkan 10 unit rumah terendam banjir dengan rata-rata ketinggian air 30-50 cm.

Sementara bencana tanah longsor terjadi di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah hingga mengakibatkan satu kios milik warga rusak dan material tanah tebing yang longsor sempat menutup akses jalan penghubung antara Kecamatan Jampangtengah dengan Lengkong.

Bencana banjir bandang yang melanda Desa Tegallega dan Neglasari di Kecamatan Lengkong. Banjir bandang ini mengakibatkan delapan rumah terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata 50 cm dan juga menghanyutkan tiga jembatan penghubung antar-kampung.

Banjir juga melanda Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade yang mengakibatkan satu rumah milik warga mengalami rusak sedang. Bencana banjir yang terjadi di Desa/Kecamatan Purabaya menyebabkan 12 rumah terendam dan banjir yang melanda Desa/Kecamatan Cibitung mengakibatkan tiga kios terendam banjir yang rata-rata ketinggian air 50 cm.

Sementara bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Bantarsari, Kecamatan Pabuaran mengakibatkan satu rumah dan satu kios mengalami rusak ringan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah