Zhang Zhi Jie Meninggal Saat Bermain di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024! PBSI Beri Penjelasan!

- 1 Juli 2024, 20:51 WIB
Humas dan Media Panpel PBSI Broto Happy saat konferensi pers di Kantor KONI DIY, Yogyakarta, Senin (1/7/2024). ANTARA/Luqman Hakim.
Humas dan Media Panpel PBSI Broto Happy saat konferensi pers di Kantor KONI DIY, Yogyakarta, Senin (1/7/2024). ANTARA/Luqman Hakim. /

GALAMEDIANEWS - Menyusul meninggalnya pemain bulu tangkis asal China Zhang Zhi Jie, saat tengah bermain di BNI Badminton Asia Junior Championships 2024, Minggu 30 Juni 2024, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) langsung memberikan penjelasan ihwal kronologisnya.

Dalam konferensi pers yang diikuti secara virtual dari Jakarta, Senin 1 Juli 2024, Kepala Bidang Humas PBSI Broto Happy mengatakan Zhang Zhi Jie pingsan saat menjalani laga melawan pemain Jepang Kazuma Kawamo pada babak penyisihan Grup D, di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

"Zhang Zie Jie tiba-tiba colaps dalam pertandingan melawan Kazuma Kawamo dari Jepang di pertandingan terakhir penyisihan grup BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di GOR Amongrogo, Minggu, 30 Juni," kata Broto.

Baca Juga: Ini Olahraga yang Disarankan untuk Jamaah Haji yang Baru Tiba di Tanah Air

Setelah Diberikan Pertolongan Pertama, Zhang Zie Jie Langsung Dilarikan ke Rumah Sakit

Selanjutnya, tim medis dan dokter turnamen segera masuk ke lapangan setelah mendapatkan call dari referee. "Ini merupakan regulasi atau aturan sesuai SOP, dan guideline yang berlaku di setiap turnamen bulu tangkis internasional dari BWF dan Badminton Asia," ujar Broto.

Tim medis memasuki arena untuk melakukan pemeriksaan survei awal dan pertolongan awal sesuai dengan prosedurnya. Setelah diberikan pertolongan pertama, dokter turnamen memutuskan untuk segera melarikan Zhang Zie Jie ke rumah sakit rujukan, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Dr. S. Hardjolukito yang berjarak 4,7km, hanya berdurasi 10 menit.

"Kemudian, hanya memerlukan waktu satu menit 20 detik pada saat dokter pertama kali masuk lapangan, sehingga memutuskan untuk segera dibawa pakai ambulans ke rumah sakit," kata Broto.

Baca Juga: Satu Lagi Pemain Persib Hengkang, Winger Muda Ini Pilih Tim Liga 2

Korban Mengalami Penurunan Kesadaran Dengan Pernapasan Yang tidak Adequat

Selanjutnya, untuk pemilihan RSPAU Dr. S. Hardjolukito, menurut Broto, sesuai dengan rekomendasi Badminton Asia terkait jarak dan fasilitas yang tersedia. "Korban dalam hal ini Zhang Zie Jie mengalami jatuh pingsan di area pertandingan bulu tangkis," ujar Broto.

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah