Catat Waktunya, KA Cibatu - Stasiun Garut Mulai Beroperasi Secara Komersil pada Awal 2021

- 14 Oktober 2020, 08:29 WIB
PT KAI saat uji coba jalur kereta dari Cibatu sampai Wanaraja pada 3 Oktober 2019 lalu.
PT KAI saat uji coba jalur kereta dari Cibatu sampai Wanaraja pada 3 Oktober 2019 lalu. /dok


GALAMEDIA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) merencanakan reaktivasi kereta api Stasiun Garut - Cibatu dapat beroperasi secara komersial untuk melayani masyarakat pada awal 2021 mendatang.

Wakil Kepala Daop 2 Bandung, Soegito mengatakan, sebelumnya pihaknya menargetkan jalur kereta api yang sudah puluhan tahun tidak difungsikan itu akan dioperasikan pada 2020, namun tertunda karena adanya wabah Covid-19.

"Awalnya bisa diaktifkan 2020, tapi akhirnya mundur. InsyaAllah awal tahun (2021) pelayanan reaktivasi bisa selesai," ujarnya saat acara monitoring dan evaluasi reaktivitas dan revitalisasi Stasiun Kereta Api di Markas Kodim 0611 Garut, Jalan Veteran, Garut, Selasa 13 Oktober 2020 kemarin.

Baca Juga: SBY dan AHY Ngeluh Dituding Jadi Dalang Demo Tolak Omnibus Law, Mahfud MD: Nanti Kami Selesaikan

Menurut Soegito, tahap awal kereta api komersial yang akan dioperasikan yakni kelas ekonomi jurusan Stasiun Garut - Purwakarta. Kemudian akan direncanakan kereta api jurusan Stasiun Garut -Pasar Senen, Jakarta.

"Target awal mengoperasikan kereta ekonomi, dari Garut ke Purwakarta, dari Garut ke Pasar Senen," ucapnya.

Soegito berharap, jalur kereta api di Garut itu secepatnya bisa beroperasi agar masyarakat Garut semakin mudah untuk pergi ke luar kota maupun sebaliknya, disamping juga bisa menumbuhkan perekonomian Garut.

Baca Juga: Ini Dia Spesifikasi dan Harga iPhone 12 yang Baru Dirlis Tadi Malam

Ia menyebut jalur kereta api yang terhubung ke kota besar itu, nantinya bisa memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya, dan juga memudahkan warga dari berbagai daerah berwisata ke Kabupaten Garut.

"Kami berharap adanya reaktivasi bisa berkontribusi untuk mendukung angkutan barang karena potensi usahanya luar biasa, potensi pariwisatanya juga luar biasa," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x