Menlu AS Mike Pompeo ke Indonesia, Pengamat: Cari Dukungan Patahkan Pengaruh China

- 23 Oktober 2020, 10:21 WIB
Mike Pompeo.
Mike Pompeo. /Instagram/@secpompeo

GALAMEDIA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo berencana melakukan lawatan ke Indonesia pekan depan.

Menurut pengamat hubungan Internasional, kunjungannya merupakan bagian dari upaya mendapatkan dukungan dalam menghadapi peningkatan pengaruh China di kawasan Asia.

Peneliti di Parahyangan Centre for International Studies (PACIS), Sukawarsini Djelantik berpendapat, AS melihat Indonesia sebagai satu kekuatan besar di ASEAN yang sangat penting untuk didekati, khususnya dalam menyikapi konflik di Laut China Selatan.

Baca Juga: Rupiah Hari Ini Diprediksi Bakal Melemah di Hadapan Dolar AS

"Pasti nanti akan mencari dukungan, karena posisi Indonesia yang diperhitungkan sebagai kekuatan menengah," kata Sukawarsini.

Informasi tentang rencana kunjungan Menlu Pompeo yang dipampang di situs daring Kementerian Luar Negeri AS berkali-kali menyebut istilah 'Indo-Pasifik'.

Misalnya, dalam penjelasan tentang kunjungannya ke Indonesia, disebutkan "Menteri akan pergi ke Jakarta untuk menyampaikan pernyataan publik dan bertemu dengan sejawatnya di Indonesia untuk meneguhkan visi kedua negara akan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Istilah 'Indo-Pasifik' menggambarkan visi geopolitik baru Presiden AS Donald Trump untuk Asia, yang menekankan kebangkitan India di hadapan meningkatnya pengaruh China.

Baca Juga: Jumlah Wajib Pajak Lapor SPT Masih Belum Mencapai Target

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x