Kemensos Berikan Bantuan Kepada TMH, Disabilitas Grahita di Kota Bandung

- 27 Oktober 2020, 13:25 WIB
Kemensos memberikan bantuan kepada keluarga TMH
Kemensos memberikan bantuan kepada keluarga TMH /Kemensos



GALAMEDIA – Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI melalui Tim Respon Kasus Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung, memberikan bantuan kepada TMH, Selasa 27 Oktober 2020.

Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp. 3.000.000 dan Rp. 500.000 diberikan dalam bentuk barang kebutuhan seperti pampers dan susu kaleng.

Perlu diketahui, TMH adalah penyandang disabilitas Grahita/Cerebral Palsy yang mengalami disabilitas sejak lahir karena jalur oksigen ke otak mengalami penyempitan.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Ini 4 Kandungan Makanan yang Harus Terpenuhi

Sebelumnya Senin, 26 Oktober 2020, tim Respon Kasus dari BRSPDSN “Wyata Guna” Bandung melakukan  pendampingan terhadap TMH. Sekaligus asesmen terhadap kebutuhannya, juga memberikan penguatan kepada ayah TMH.

Saat ini TMH dirawat oleh ayahnya, Otjeng Saputra, yang merupakan pensiunan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Tindakan respon kasus merupakan salah satu bentuk Program Atensi Kementerian Sosial RI dalam meningkatkan layanan sosial bagi disabilitas.

Baca Juga: Jangan Resah, Berikut 12 Langkah untuk Menenangkan Pikiran dan Hati, Raihlah Bahagia

Sebelum pandemi Covid-19, ayah TMH membuka warnet kecil-kecilan, ojeg offline serta berjualan burung dengan pendapatannya sekitar Rp1.000.000/bulan.

Semenjak pandemi Covid-19, pendapatan beliau menurun drastis, terkadang tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

Sebelumnya TMH pernah mendapatkan bantuan ASPD (Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas) dalam kurun waktu 2016-2019 dari Kementerian Sosial RI. Setelah itu, sepanjang pandemi Covid-19 belum mendapat bantuan dari program apapun.

Baca Juga: Jika Anak Alergi Susu Sapi, Susu Kedelai Jadi Solusi, Ini Tips Memilih Susu Kedelai yang Anda Cari

Menanggapi hal itu, Kepala BRSPDSN WyataGuna Bandung, Sudarsono memberi arahan agar pemberian bantuan difokuskan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok TMH.

Termasuk meningkatkan usaha warung milik sang ayah agar terpenuhi kebutuhan keluarganya.

Untuk intervensi selanjutnya, Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung akan memberikan pendampingan dengan memberikan Program Pemberdayaan Bantuan Usaha untuk menjaga  kesinambungan kehidupan ekonomi keluarga TMH ke depannya. (gatot)**

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x