Cimahi Masuk Kota Paling Padat di Indonesia, Ajay: Nyaman Ditinggali

- 29 Oktober 2020, 18:46 WIB
Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna. (dok. PRMN)
Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna. (dok. PRMN) /

GALAMEDIA - Kota Cimahi menjadi salah satu daerah yang memiliki rasio kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia. Per satu kilometer persegi, di Cimahi terdapat 15.643 jiwa.

Data tersebut berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat yang dimuat dalam e-book "Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2020".

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menilai, rasio kepadatan penduduk itu terjadi lantaran wilayah Cimahi yang cukup terbatas, di mana hanya ada tiga kecamatan, yakni Cimahi Utara, Cimahi Tengah, dan Cimahi Selatan.

Baca Juga: Nyaris Tak Ada Kehidupan di Bandara Kertajati yang Habiskan Uang Rp 2,6 Triliun

Di sisi lain, daya tarik masyarakat untuk tinggal di Cimahi cukup tinggi. "Cimahi itu kota yang nyaman, jadi magnet orang untuk ditinggali," kata Ajay, Kamis, 29 Oktober 2020.

Berdasarkan Data Konsolidasi Bersih (DKB) Semester 1 Tahun 2020 yang dilansir dari laman disdukcapil.cimahikota.go.id, jumlah penduduk Kota Cimahi mencapai 555.966 jiwa.

Jumlah penduduk itu tersebar di tiga kecamatan. Penduduk terbanyak berada di Kecamatan Cimahi Selatan yang mencapai 160.525 jiwa. Disusul Kecamatan Cimahi Utara yang mencapai 162.018 jiwa, dan Kecamatan Cimahi Tengah yang mencapai Cimahi Tengah 160.525 jiwa.

Baca Juga: Penyerangan Bersenjata Pisau di Gereja Prancis Tewaskan Dua Orang

Dikatakan Ajay, pihaknya bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Cimahi terus berupaya melakukan pembatasan jumlah penduduk seperti operasi yustisi usai lebaran. Serta terus membewarakan program Keluarga Berencana (KB).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x