Ini Ternyata Penyebab Gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung Semalam

- 2 November 2020, 08:41 WIB
Wilayah Gempa
Wilayah Gempa /


GALAMEDIA - Gempa tektonik magnitudo 4 menguncang di wilayah Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat, Minggu 1 Novemver 2020 malam. Meski terbilang kecil gempa ini sempat membuat warga berhamburan keluar rumah.

"Gempa ini dirasakan di Pengalengan dengan intensitas III MMI dimana guncangan dirasakan seakan-akan ada truk berlalu.

Beberapa warga di Pengalengan sempat lari berhamburan keluar rumah karena terkejut akibat adanya guncangan yang terjadi secara tiba-tiba," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada wartawan, Senin 2 November 2020.

Baca Juga: Ini Identitas Pemuda yang Ditemukan Tewas Tergeletak di Ir H Djuanda Bandung

BMKG menunjukkan, episenter gempa terletak pada koordinat 7,20 LS dan 107,60 BT tepatnya di darat pada jarak 21 km arah tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 kilometer.

Daryono seperti dilansirkan rri.co.id mengatakan, dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Sesar Garut Selatan (Garsela).

"Sesar Garsela merupakan salah satu struktur sesar yang paling aktif di Jawa Barat, sehingga patut diwaspadai. Kewaspadaan terhadap adanya sesar aktif ini dinilai perlu menjadi perhatian semua pihak," ungkapnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x