Luhut Pandjaitan: Vaksinasi Covid-19 Dimulai Desember 2020

- 4 November 2020, 13:43 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan.
Luhut Binsar Pandjaitan. /HO-Kemenko Marvest/.*/Antara/HO-Kemenko Marvest

GALAMEDIA - Vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang rencananya dilakukan November 2020, kemungkinan molor sebulan. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menegaskan, vaksinasi kemungkinan akan dimulai pada minggu ketiga Desember 2020. "Kami akan melakukan vaksinasi di minggu ketiga Desember," ujar Luhut.

Ia mengatakan hal itu dalam paparan pada acara The 7th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources (SDSWR) secara virtual, Rabu, 4 November 2020.

Baca Juga: Pilpres AS: Joe Biden Sementara Ungguli Donald Trump di Electoral Votes

Dikatakan Luhut, saat ini tengah dilakukan uji klinis fase ketiga di Bandung, Jawa Barat, yang dikembangkan Sinovac dan Bio Farma.

Untuk bisa melakukan vaksinasi, pemerintah Indonesia juga akan menggunakan persetujuan penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/ EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Saya rasa (vaksinasi akan dilakukan pada) sekitar 9 juta orang di wilayah spesifik yang kami percaya berkontribusi besar pada tingginya kasus Covid-19," katanya.

"Di Jakarta, misalnya, ada sejumlah area yang kami percaya berkontribusi besar pada kasus Covid-19 dan berikan mereka suntikan," tambah Luhut.

Baca Juga: Menkes: Satu Warga Paris Terinfeksi Covid-19 Setiap 30 Detik

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x