Dukung Jabar Berubah Jadi Provinsi Sunda, Fadli Zon: Sejarahnya Sudah Cukup Tua

- 10 November 2020, 18:17 WIB
Fadli Zon.
Fadli Zon. /Twitter.com/@fadlizon

GALAMEDIA - Anggota Komisi I DPR RI, Fadli Zon ikut hadir dalam diskusi perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda atau Pasundan.

Mengklaim sebagai warga asli Jawa Barat, Fadli Zon mendukung perubahan nama tersebut. Menurut dia, nama Sunda sudah ada sejak lama sebelum nama Jawa Barat.

"Kalau saya akan mendukung yah. Apalagi masyarakat yang menginginkan nama Provinsi Sunda. Jadi menurut saya ini masuk akal," tutur Fadli Zon dalam kegiatan yang digelar di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa 10 November 2020.

Baca Juga: Amini Megawati Soal Jakarta Amburadul, Ferdinand Hutahaean: Sepakat! Semakin Kacau

Fadli Zon mengatakan, perubahan nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda sudah sangat memungkinkan untuk dilakukan. Terlebih perubahan tersebut adalah aspirasi dari masyarakat di Jawa Barat itu sendiri.‎

"Ini juga didukung oleh ajuan beberapa tokoh Sunda, bahkan dari riwayat sejarah, Tatar Sunda sejarahnya sudah cukup tua di Indonesia," tuturnya seperti ditulis wartawan PR, Mochamad Iqbal Maulud.

Ia juga mengatakan Tatar Sunda ataupun Negeri Pasundan memiliki sejarah dari abad ke-2, ke-4 masehi. Namun ada juga peninggalan Sunda pada 5000 tahun yang lalu yang berada di Bogor tepatnya bangunan Arca Domas.

Selain itu, lanjut dia, berdasarkan fakta sejarah di masa lampau, telah ada istilah kepulauan Sunda Besar dan kepulauan Sunda Kecil.

Baca Juga: Megawati Akhirnya Klarifikasi Pernyataannya Soal Milenial, Ini Katanya

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x