Antisipasi Outbreak Positif Covid-19, Pemkab Garut Siapkan Rusun Gandasari Opsi Tempat Isolasi

- 16 November 2020, 15:26 WIB
Bupati Garut, Rudy Gunawan, meninjau langsung Rusun Gandasari yang disiapkan sebagai tempat isolasi jika terus terjadi outbreak kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Garut, Senin 16 November 2020. 
Bupati Garut, Rudy Gunawan, meninjau langsung Rusun Gandasari yang disiapkan sebagai tempat isolasi jika terus terjadi outbreak kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Garut, Senin 16 November 2020.  /Agus Somantri/

GALAMEDIA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyiapkan Rumah Susun (Rusun) yang berada di Jalan Raya Garut–Bayongbong, di Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut sebagai opsi tempat isolasi, jika kasus positif Covid-19 terus mengalami Outbreak atau peningkatan kasus secara drastis.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan seiring terus bertambahnya pasien Covid-19 setiap harinya, membuat sarana perawatan pasien semakin sedikit, sehingga pihaknya terus berupaya untuk mempersiapkan tempat isolasi.

“Untuk itu, kita akan menggunakan tempat yang tersedia saat ini yaitu Rumah Susun (Rusun) yang ada, dan bila perlu bisa juga menggunakan gedung Art Center, tetapi yang sekarang kita persiapkan untuk digunakan ruang isolasi di Rusun Gandasari", ujarnya saat kunjungannya ke Rusun Gandasari, di Jalan Raya Garut-Bayongbong, Garut, Senin 16 November 2020.
 
Baca Juga: Banyak Diprotes Kegiatan Habib Rizieq, Anies Baswedan Klaim Jauh Lebih Tegas dari Daerah Lain

Menurut Rudy, di Rusun Gandasari ini, Pemkab Garut akan menyediakan beberapa fasilitas serta tenaga kesehatan untuk menunjang pelayanan selama masa isolasi, di antaranya tempat tidur dan tenaga kesehatan 24 jam berikut dokter jaga, yang akan dikelola oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut.

Rudy menyebut hal tersebut dilakukan karena kekhawatiran Pemkab Garut atas semakin banyaknya warga Garut yang terpapar Covid-19, sehingga harus mengambil langkah-langkah guna mengantisipasi terjadinya kembali outbreak pasiem Covid-19.

“Kekhawatiran Pemkab Garut atas semakin banyaknya warga terpapar wabah Covid 19, membuat langkah-langkah antisipasi akan terjadinya outbreak penderita Covid 19 yang diprediksikan akan meningkat 5 kali lipat pada akhir tahun 2020,” ucapnya.
 
Baca Juga: Presiden Peru Mengundurkan Diri Usai Unjuk Rasa Mematikan

Rudy menambahkan, pihaknya akan terus berupaya melakukan yang terbaik dalam penananganan Covid-19, dan berharap warga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

“Apapun akan dilakukan oleh Pemkab Garut dalam upaya penanganan Covid-19 ini, meski tingkat kesembuhan kita sangat tinggi diatas 86 persen dan tingkat kematian yang hanya 2 persen, tetapi diharapkan warga masyarakat Garut jangan mengabaikan bahaya Covid 19 ini," katanya. 
 
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x