Resensi Buku: Perencanaan Penguatan Sumber Daya Manusia

- 18 September 2020, 14:10 WIB
buku Perencanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Diklat. (foto: ist)** /

Judul: Perencanaan, Pemantauan, dan Evaluasi Diklat    
Penulis: Prof Sedarmayanti dan Sabar Gunawan
Penerbit: PT Refika Aditama, Bandung
Cetakan: Maret 2020
Halaman: 168
ISBN: 978-623-706-0-550
Harga: Rp59.000

GALAMEDIA - Sebuah kejadian lucu dialami resensor ketika ada kolega menceritakan, bahwa seorang orangtua ingin memasukkan anaknya ke Telkom Corporate University (Corpu) alih-alih ke Telkom University.

Situasi ini bisa terjadi karena entitas keduanya seolah sama padahal beda. Jika Telkom University memang melahirkan sarjana dan magister, maka Corpu adalah istilah kekinian dari sebuah badan pendidikan dan latihan (Diklat) milik BUMN.

Badan Usaha Milik Negara itu dalam sekurangnya enam tahun terakhir memang banyak yang melakukan perubahan jenama diklat miliknya, dengan dibubuhi Corpu di belakangnya. Maka, selain PT Telkom, kita juga kemudian menemukan PLN Corpu, Pertamina Corpu, BRI Corpu, dan banyak lagi.

Baca Juga: 1,7 Juta Pegawai Bergaji di Bawah Rp 5 Juta Gigit Jari, Ditolak Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan

Singkatnya, diklat itu semacam naik kelas dengan penyematan istilah Corpu, sehingga sejumlah pihak berharap lebih banyak padanya. Terbaru, Pemprov Jabar pun berencana merevitalisasi lembag diklatnya juga dengan istilah corporate university ini; Sebuah tren global yang terus melokal.  

Pada buku ini, fenomena sesaat ini dicoba dibedah secara fundamental. Yakni bab-bab awal berisikan penjelasan tentang manajemen sumber daya manusia (SDM), yang lalu dikerucutkan dalam pembahasan tentang Pengembangan SDM dan Diklat-nya.

Bab berikutnya membahas analisis kebutuhan diklat (AKD) sebagai proses awal sebelum perencanaan diklat yang lebih rinci. Juga, dibahas soal perencanaan diklat yang merupakan ruh pada proses penentuan rangkaian kegiatan. Sebab, di dalamnya ditentukan strategi pembelajaran, metode, waktu, dst guna mencapai tujuan diklat yang ditetapkan.

Baca Juga: Viral Odading Mang Oleh, Langkah Ridwan Kamil Gandeng Ade Londok Dinilai Tak Elok

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X