Curi Teknologi Rusia, Jet Tempur China Ini Hanya Jadi Bahan Cemoohan

- 5 Juli 2020, 09:51 WIB
Shenyang J-11 (vleituig). /

GALAMEDIA -  Untuk memperkuat pertahanannya, sejumlah negara besar melengkapinya dengan kehadiran jet tempur super canggih.

Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force) mengandalkan sejumlah jet canggih semisal F-16 Fighting Falcon, F-15 Strike Eagle, F-35 Lightning II, dan F-22 Raptor.

Angkatan Udara Rusia punya sederet jet tempur canggih seperti Mikoyan MiG-29, Mikoyan MiG-35, Sukhoi Su-27, Sukhoi Su-35, dan Sukhoi Su-35.

Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Forces), punya pesawat tempur canggih Eurofighter Typhoon FGR 4, dan pesawat buatan Amerika F-35B.

Angkatan Udara Prancis (Armee de L'Air) punya dua jet tempur andalan, Dassault Rafale dan Dassault Mirage 2000.

Baca Juga: Hanya Tiga Menteri Bisa Bertahan, Ini Pandangan Ekonom Soal Reshuffle Kabinet

Tak terkecuali China, yang punya dua jenis jet tempur dengan fitur siluman. China tak kalah banyak memiliki sejumlah jet-jet tempur yang beringas di udara. Chengdu J-7, Chengdu J-10, Chengdu J-20, Shenyang J-8, Shenyang J-11, dan Shenyang J-16. Sementara itu, dua jet lainnya diimpor China dari Rusia, Sukhoi Su-27, Sukhoi Su-30MKK, dan Sukhoi Su-35S.

Dari sederet jet tempur canggih milik China, ternyata ada satu pesawat yang diduga dibuat dengan teknologi curian dari Rusia. The National Interest menyebutkan, China membuat jet tempur Shenyang J-11 dengan menjiplak teknologi Negeri Beruang Merah.

The National Interest menyatakan China sudah mempelajari teknologi Sukhoi Su-27 secara diam-diam.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X