9 Agustus: Bom Atom Hancurkan Nagasaki, 80 Ribu Nyawa Melayang

- 9 Agustus 2020, 06:15 WIB
Ledakan hebat bom atom di Jepang. (Ist) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 9 Agustus, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 9 Agustus, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

833
Hari wafatnya Al-Ma'mun ar-Rasyid. Lahir 14 September 786, ia bergelar Abu al-Abbas dengan nama asli Abdullah bin ar-Rasyid bin al-Mahdi.

Al-Ma'mun ar-Rasyid adalah seorang khalifah Bani Abbasiyah yang berkuasa pada tahun 813 sampai 833, ia meninggal pada usia 48 tahun. Al-Ma'mun adalah putera dari putra dari Khalifah Harun Ar-Rasyid dan saudara dari khalifah sebelumnya Al-Amin.

Baca Juga: Jadwal Acara TRANS, RCTI, GTV, ANTV, Minggu 9 Agustus 2020: Men in Black 3 dan Indiana Jones

1173
Pembangunan Menara miring Pisa, di Distrik Tuscany, Pisa, Italia. Awalnya menara lonceng katedral ini dibangun vertikal seperti gedung pada umumnya. Namun, lambat laun menara ini miring dengan sendirinya.

Pembangunan menara ini dibagi dalam tiga tahap dengan memakan waktu hampir 200 tahun. Pembangunan Menara Pisa rampung pada 1372. Menara ini menjadi salah satu warisan budaya di dunia dari UNESCO.

1924
Pramuka menggelar jambore dunia kedua pada 9 hingga 17 Agustus 1924. Jambore dunia pramuka kedua tersebut digelar Ermelunden, sebuah kota di bagian utara Denmark, Kopenhagen.

Jambore ini diikuti 14 negara dan dibuka secara langsung oleh Raja Christian X dari Denmark, Rear-Admiral Carl Carstensen. Kepanduan pramuka laki-laki dari Amerika ‎memenangkan kompetisi dalam jambore ini.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar dan SCTV, Minggu 9 Agustus 2020: Penyejuk Imani Katolik dan Tasbih

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X